ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Warga Jl Pecenongan: Kabel Semrawut Bikin Nyangkut, Tiang Miring Bikin Ngeri

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 13:46 WIB
Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022).
Kondisi kabel semrawut di Jl Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Kabel-kabel semrawut bergelantungan di Jl Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat. Salah seorang warga, Sarman (36), menyebut kabel yang menjuntai itu sering membuat mobil besar menyangkut saat melintas.

"Kurang lebih itu empat mingguan yang lalu, ada mobil besar bawa barang yang nyangkut," kata Sarman saat ditemui di Jl Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022).

Sarman mengatakan peristiwa mobil kargo atau truk boks nyangkut imbas kabel semrawut itu terakhir kali dilihatnya sebulan yang lalu sekitar pukul 14.00 WIB. Para driver ojek online (ojol) yang berada di lokasi membantu mobil bermuatan barang itu untuk melepaskan diri dari jeratan kabel.

"Yang waktu karena Jl Veteran ditutup kan jadi mereka otomatis nggak bisa ke mana-mana, harus ke sini, karena di Jl Veteran kan ada penggalian aspal jadi nggak bisa belok kan yang arah ke sana nggak bisa," kata dia.

Dia menerangkan para driver ojek online harus menggunakan kayu panjang untuk menyangga kabel semrawut tersebut. Kabel itu harus disangga ke atas hingga mobil bisa melintas.

"(Pakai) kayu, bukan warga sih anak-anak Gojek waktu malam-malam mobil besar kan lewatnya malam ke sini, sekitar jam 2 jam 3," ujarnya.

"Ya kurang lebih 1 bulan terakhirlah, belum ada yang nangani, lihat aja tuh begitu noh semua hampir sampai sana noh, nyangkut mulu itu kalau mobil lewat itu," imbuhnya.

Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022).Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Dia mengatakan mobil barang atau bus yang tinggi bakal terus nyangkut jika kabel semrawut itu tak kunjung ditangani. Dia berharap penataan kabel-kabel itu segera dilakukan agar memudahkan para pengguna jalan. Peristiwa seperti itu tidak cuma sekali terjadi.

Kemudian, warga lainnya bernama Roni (37) mengaku juga pernah melihat bus nyangkut pada kabel semrawut di depan gerai sepeda motor di samping gedung Palang Merah Indonesia (PMI) di Jl Pecenongan. Peristiwa itu terjadi empat hari yang lalu.

"Rombongan bisa ada empat buslah," kata Roni. Bus-bus itu merupakan rombongan dari hotel di dekat kawasan ini. Dia menyebut kernet dan penumpang bus itu turun untuk menyangga kabel semrawut agar bus dapat lewat.

Roni yang mangkal untuk berjualan di Jl Pecenongan sejak 2007 itu menyebut kondisi kabel di Jl Pecenongan sekarang semakin semrawut. Menurutnya, kondisi kabel itu dulunya tak seruwet sekarang.

"Kalau dulu nggak begitu semrawut banget kalau sekarang mah udah semrawut banget," tuturnya.

Dia mengaku ngeri harus berdagang tepat di bawah tiang dengan kondisi juntaian kabel semrawut yang menempel pada tiang tersebut. Dia berharap penataan kabel segera dilakukan.

"Ngeri jualan kadang kan sering ke bawah banget, ya takut sih," ujarnya.

Lihat juga video 'Perbaikan Kabel dan Tiang di Ciputat Dikeluhkan Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT