ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Kabel Semrawut-Tiang Miring di Jl Pecenongan Jakpus

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 11:14 WIB
Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022).
Kabel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyangga pun miring. Selasa (28/7/2022). (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Kabel-kabel utilitas terpantau semrawut di Jl Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyangga kabel pun terlihat miring.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (28/6/2022) sekitar pukul 10.30 WIB, kabel semrawut tak beraturan itu tergelantung pada tiang ruas timur di sepanjang lampu merah depan gerbang 'Welcome Wisata Kuliner Pecenongan' hingga Hotel Redtop. Kabel itu juga ada yang tergelantung melintang di atas tengah jalan.

Terlihat salah satu tiang kabel semrawut yang berada tepat di depan gerai sepeda motor atau di samping gedung Palang Merah Indonesia (PMI) tak lagi berdiri kokoh. Tiang itu tampak miring dengan juntaian kabel-kabel semrawut yang menempel.

Kabel-kabel yang berada di antara gedung PMI dan gerai sepeda motor itu terlihat tidak diikat. Kabel itu menjuntai ke bawah, bahkan bisa dijangkau menggunakan tangan.

Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022).Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyangga pun miring. Selasa (28/7/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Sementara itu, kabel yang berada di tengah jalan di antara gerai sepeda motor dengan Rumah Makan (RM) Cinto Minang menuju arah Jl Sal PHB Batu Tulis tampak sudah diikat. Namun kabel itu juga berada di posisi yang tidak terlalu tinggi.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang membuat proyek Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) atau manhole pada 2021 untuk merapikan kabel-kabel yang ada di jalan. Jl Pecenongan menjadi satu dari sekian jalan di Jakarta Pusat yang akan dibangun SJUT.

Gambaran konsep manhole diunggah oleh akun Twitter resmi Pemprov DKI Jakarta @DKIJakarta, dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho.

Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022).Kebel semrawut di Pecenongan Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, tiang penyanggah pun miring. Selasa (28/7/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Berikut daftar jalan yang akan dibuat manhole di Jakarta Pusat:

Jakarta Pusat:
Jl Raden Saleh
Jl KH Mas Mansyur
Jl Menteng Raya
Jl RP Soeroso
Jl Stasiun Pasar Senen
Jl AM Sangaji
Hl Pangeran Jayakarta
Jl Pecenongan
Jl Bungur Besar
Jl Arief Rahman Hakim
Jl MI Ridwan Rais
Jl Abdul Muis
Jl KH Wahid Hasyim
Jl Usman Harun
Jl Kebon Kacang Raya
Jl Jenderal Suprapto
Jl Cik Ditiro
Jl P Diponogoro
JL Tanah Abang I
Jl Pegangsaan Barat
Jl Gunung Sahari
Jl Penataran
Jl Proklamasi

Simak juga 'Berbelit-belit Urus Kabel Udara Semrawut di Ibu Kota':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT