ADVERTISEMENT

Heboh Surat Rekomendasi PPDB Walkot ke SMAN 1 Serang, Ini Faktanya

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 12:49 WIB
Surat rekomendasi dari Walkot Serang Syafrudin terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) beredar di medsos. Hoax or not? (dok Istimewa)
Surat rekomendasi dari Walkot Serang Syafrudin terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) beredar di medsos. Hoax or not? (Foto: dok. Istimewa)
Serang -

Surat rekomendasi dari Wali Kota (Walkot) Serang Syafrudin terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) beredar di media sosial (medsos). Dalam surat itu, Syafrudin memberi rekomendasi pada salah satu murid di sekolah favorit di SMAN 1 Kota Serang.

Surat itu ditandatangani basah dengan kop surat Wali Kota Serang dan ditandatangani oleh Syafrudin.

Dalam surat rekomendasi itu, Syafrudin meminta bantuan agar siswa bisa dibantu masuk ke SMAN 1 Kota Serang dalam seleksi PPDB. Surat itu ditandatangani pada 20 Juni, bersamaan dengan pelaksanaan PPDB SMA/SMK negeri di Banten.

"Untuk dapat dibantu masuk ke SMAN 1 Kota Serang dalam seleksi penerimaan siswa baru yang sedang diselenggarakan," demikian tertulis dalam surat itu seperti dilihat detikcom, Selasa (28/6/2022).

Penjelasan Walkot Serang

Walkot Serang Syafrudin membenarkan surat rekomendasi yang beredar. Dia mengatakan pemberian surat rekomendasi dilakukan untuk membantu warga yang ingin sekolah.

"Orang namanya mau sekolah itu harus dibantu, namanya sekolah, bukan praktik itu mah, bukan. Namanya mau sekolah, siapa pun kalau bisa dibantu," kata Syafrudin kepada wartawan.

Rekomendasi itu, katanya, diberikan kepada warga Kota Serang. Ada tukang ojek, tukang becak, dan warga tidak mampu. Ia membantah jika rekomendasi diberikan untuk keluarga pejabat-pejabat di daerah.

"Untuk warga Kota Serang, iya warga biasa, ada tukang ojek, tukang becak, orang tidak mampu. Bukan pejabat, bukan," pungkasnya.

Lihat juga video 'KPAI Terima 224 Pengaduan PPDB 2020, DKI Jakarta Tertinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT