ADVERTISEMENT

Pengacara Jelaskan soal Kejari Serang Terima SPDP Kasus Nikita Mirzani

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 19:04 WIB
Nikita Mirzani saat menyambangi Mabes Polri.
Foto: Pool/ Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Kejari Serang, Banten, telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) terkait kasus Nikita Mirzani soal kasus dugaan ITE. Kuasa hukum Nikita, Fachmi Bachmid, memberi penjelasan.

"Anda jangan tersesat cara berpikirnya. SPDP itu surat pemberitahuan dimulainya penyidikan dari seseorang yang dimintai keterangan sebagai di-interview atau ditindaklanjuti menjadi saksi, itu namanya SPDP," kata Fachmi di gedung TNCC Polri, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

Fachmi mengakui kliennya juga menerima SPDP tersebut. Dia malah mempermasalahkan surat penetapan Nikita Mirzani sebagai tersangka yang tersebar.

"Kalau SPDP, Niki terima, betul ada. Yang jadi pertanyaan, tiba-tiba beredar surat penetapan menjadi tersangka. Kalau itu wartawan lebih duluan dapat dibanding Nikita," katanya.

"Kan itu pertanyaannya, apakah memang harus seperti ini, ya ini biar nanti diurus sama Propam," tambahnya.

Jaksa Terima SPDP Kasus Nikita Mirzani

Sebelumnya, Kejari Serang, Banten, telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) terkait kasus Nikita Mirzani dari penyidik kepolisian. Status Nikita Mirzani dalam SPDP itu sebagai terlapor.

"Statusnya (sebagai) terlapor," kata Kasi Intel Kejari Serang Rezkinil Jusar, Rabu (22/6).

Kejari Serang menerima SPDP itu pada 13 Juni lalu. Rezkinil menjelaskan penyerahan SPDP oleh penyidik kepolisian sesuai dengan KUHAP.

Nikita Mirzani diketahui terjerat kasus terkait informasi dan transaksi elektronik (ITE) terkait unggahan di Instagram Story. Kejari menyebut penyidikan kasus terkait konten di media sosial itu ranah mereka. Karena penyidikan dilakukan oleh kepolisian dan dalam hal ini jaksa penuntut menunggu berkas untuk diteliti.

"Produk penyidik tanya ke penyidik, yang penting SPD telah kita terima, masalah penyidikan mereka (kepolisian) yang tahu," ucapnya.

Simak Video: Nikita Mirzani Klaim Statusnya Masih Saksi di Kasus Vs Dito Mahendra

[Gambas:Video 20detik]




(azh/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT