ADVERTISEMENT

Demo Mahasiswa di DPR Siang Ini, Pengalihan Arus Lalin Situasional

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 10:00 WIB
Barikade polisi menggunakan  tameng. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Ilustrasi pengamanan polisi (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Massa elemen mahasiswa siang ini akan berdemo di depan gedung DPR/MPR RI, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi berlaku secara situasional.

"(Pengalihan arus lalu lintas) tentatif melihat situasi. Sesuai kebutuhan," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta saat dihubungi, Selasa (28/6/2022).

Penutupan arus lalu lintas di sekitar DPR, menurut Purwanta, akan mempertimbangkan jumlah massa aksi. Pihaknya mengerahkan 60 polisi lalu lintas guna mengawal jalannya demonstrasi.

"Saya kira kalau ada penutupan kita upayakan. Tapi belum ada rencana, kan belum tahu juga mahasiswa berapa. 60 orang (personel)," papar Purwanta.

Sebelumnya, BEM UI akan menggelar demonstrasi di depan gedung MPR/DPR RI hari ini. Polisi menyiapkan personel untuk mengawal demo mahasiswa tersebut.

"Rencananya begitu, ada (demo). Ada beberapa elemen gabungan. Tuntutannya terkait RKUHP. Besok (hari ini, red) ada dari BEM UI, UNJ, UKI, FISIP UI, termasuk blok politik pelajar," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Senin (27/6/2022).

Demo tersebut direncanakan dimulai pada pukul 11.00 WIB, Selasa (28/6/2022). Titik konsentrasi massa demo di depan gedung DPR dengan perkiraan peserta hingga 1.000-an.

"Perkiraan massa sekitar 500-1.000," katanya.

Polisi telah menyiapkan pengamanan untuk mengawal demonstrasi mahasiswa. Polisi telah memetakan, kelompok mahasiswa yang akan mengikuti demo tidak hanya dari Jakarta.

"Sampai saat ini kita masih melakukan mapping di wilayah-wilayah karena yang akan gabung juga ada dari teman-teman mahasiswa dari Tangerang juga dan beberapa di luar Jakarta," katanya.

Demo Terkait Draf RKUHP

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menyatakan akan melakukan demo di depan gedung DPR RI, Jakarta, besok. Tuntutan demo terkait draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang tidak kunjung dibuka ke publik.

BEM UI melalui akun Twitternya mengunggah ajakan untuk berdemonstrasi di Senayan dengan tagar #SemuaBisaKena. BEM UI mengkritik pembahasan RKUHP yang dinilai tidak transparan.

"Sudah cukup penantian kita, kawan-kawan, untuk mendapat kejelasan berupa transparansi dan keadilan demokrasi dari, 'kitab kepentingan' RKUHP!," tulis BEM UI melalui akun Twitternya, seperti dilihat detikcom, Senin (27/6/2022).

BEM UI menyampaikan aksi demonstrasi akan dimulai pada Selasa (28/6) pukul 11.00 WIB besok. Titik kumpul massa UI berada di lapangan FISIP untuk kemudian lokasi aksi di depan gedung DPR RI.

"Kami mengajak kawan-kawan untuk menguningkan jalanan Senayan," demikian kata BEM UI.

Simak juga 'Kala Tolak RKUHP, Mahasiswa Gelar Demo di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT