ADVERTISEMENT

Ramai-ramai Menafsir Langkah Anies Undang Tukang Bakso ke Balai Kota

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 06:33 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom).
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang pedagang bakso saat acara Malam Ramah Tamah Jakarta E-Prix 2022 di Balai Kota DKI Jakarta beberapa hari lalu. Beberapa tokoh politik menerka maksud dari Anies tersebut.

Acara ramah tamah itu digelar secara tertutup pada Jumat (24/6). Acara dihadiri oleh pejabat Pemprov DKI hingga panitia penyelenggara Formula E. Tak hanya itu, penjual bakso, salah satunya Ruli Renaldi hadir, bahkan diperkenalkan oleh Anies Baswedan.

Anies menyebut Ruli adalah salah satu dari ratusan UMKM yang berjualan selama pergelaran Formula E Jakarta 4 Juni lalu.

"Kami secara khusus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pak Sahroni dan seluruh timnya dan juga di samping saya adalah Pak Ruli Renaldi. Pak Ruli Renaldi adalah pengusaha Bakso Bakwan Aroma Soan, yang kemarin ikut berpartisipasi," kata Anies.

Anies sempat ditanya mengapa mengundang pengusaha bakso. Anies menjawab pihaknya mengundang seluruh UMKM yang berjualan di Formula E.

"Tentang UMKM (yang diundang di Balkot), semuanya UMKM kita undang, semua kita berikan kesempatan. Malam hari ini ada beberapa yang di Jakarta, yang mereka ikut hadir dalam acara makan malam ini," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ruli mengaku senang usaha kecilnya diakomodasi untuk berjualan di tengah event internasional. Dia berharap melalui perhelatan ini menandakan kebangkitan bagi pelaku UMKM dari era keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

"Harapan kami dengan berlalunya masa pandemi ini, UMKM bisa bangkit dengan kerja sama dan bantuan dari Jakpreneur. Harapan saya buat UMKM jangan berhenti bermimpi, tetap berkreasi bismillah dengan niat dan kreativitas kita, kerja sama dengan Jakpreneur kita bisa tumbuh bersama," kata Ruli.

Dipertanyakan Hasto

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mempertanyakan maksud Anies undangan tukang bakso ke Balai Kota DKI Jakarta. Terlebih, sebelum undangan itu, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat viral pernyataannya soal tukang bakso.

"Ya seinget saya Pak Anies itu jadi gubernur sudah sejak tahun 2018. Jadi kenapa baru sekarang bertemu dengan para tukang bakso? Jadi itulah sebagai contoh ketika politik tidak mengakar sehingga terlambat untuk bertemu dengan rakyat kecil," ujar Hasto di JCC, Sabtu (26/6).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Anies Bertemu Lord Mayor of The City of London, Ini yang Dibahas':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT