Candaan Megawati 'Nggak Mau Mantu Tukang Bakso' Viral, PDIP: Dipelintir!

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 14:15 WIB
Junimart Girsang
Foto: Junimart Girsang PDIP (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Candaan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang menceritakan dirinya pernah mengingatkan anak-anaknya tak menikah dengan yang mirip tukang bakso, kini santer menjadi perbincangan. Politikus PDIP Junimart Girsang menjelaskan kelakar Megawati tersebut.

"Supaya dalam rapat itu tidak terlalu tegang, tidak terlalu kaku. Ibu itu happy-happy saja. Artinya Ibu itu mau menunjukkan bahwa 'Saya ya begini orangnya'. Nah itu jangan ditarik ke unsur SARA ataupun segala macam. Ya itu gaya Ibu begitu. Ketika beliau berpidato serius tapi santai, kan begitu," kata Junimart kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Junimart lantas menilai pernyataan Megawati tak perlu dipersoalkan. "Jadi masalah tukang bakso itu saya kira itu tidak terlalu perlu dipermasalahkan. Itu kan internal sifatnya, pembicaraan Ibu dengan anak-anaknya," katanya.

Junimart menepis anggapan Megawati mendiskreditkan pekerjaan tukang bakso. Junimart menyebut viralnya video potongan pernyataan Megawati itu lantaran ada pihak yang ingin memanfaatkan situasi.

"Oh, nggak juga. Itu kan hanya dipelintir oleh orang-orang yang betul-betul memanfaatkan situasi. Yang pasti Ibu itu punya iktikad baik untuk membuat suasana rapat itu tidak terlalu kaku. Ibu banyak ketawa waktu kemarin, ya kan, Ibu mengatakan saya kan masih cantik juga, Pak Jokowi bilang saya cantik, saya berkharisma, apa salah? Kenapa nggak diekspose itu? Orang lebih cenderung ke tukang bakso, gitu, lho," kata Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

Lebih lanjut, Junimart menceritakan Megawati menyukai bakso. Lantas, dia menekankan pernyataan Megawati seharusnya tak menjadi perdebatan. Dia mengatakan pernyataan Megawati itu menjadi viral lantaran ada pihak yang tengah menciptakan skenario politik.

"Ibu tuh hobi bakso, kan begitu. Jadi kita lihat juga pola hidupnya hobi makan bakso, hobi makanan rakyat juga, ya kan. Ibu tidak suka steak. Jadi jangan diperdebatkan gitu-gitu. Itu hanya cara-cara namanya orang-orang dalam politik untuk membuat satu skenario," ujar dia.

Untuk diketahui, konteks potongan pernyataan Megawati soal tukang bakso berasal dari topik rekayasa genetika atau pencampuran genetik manusia yang disampaikan Presiden ke-5 RI tersebut dalam Rakernas II PDIP. Sambil berkelakar, Megawati menyebut pedagang bakso dalam pernyataannya.

"ini bener lo, serius lo, jadi sudah terbukti lo. Jadi ketika saya mau punya mantu saya sudah bilang sama anak saya berdua, sama anak saya tiga, 'Awas lo kalau nyarinya yang kayak tukang bakso'. Ha-ha-ha..., Mbak Puan ketawa. Karena, sorry, jadi bayangkan 'Kok piye ini rupane'. Maaf," kata Megawati saat membuka Rakernas di Sekolah PDIP, Jakarta, Selasa (21/3).

Simak juga video 'Reaksi Megawati Saat Ada yang Sebut PDIP Sombong':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)