ADVERTISEMENT

HUT Ke-26, Elnusa Petrofin Luncurkan Pojok Baca di Bantar Gebang

Ahlu Dzikri - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 17:53 WIB
Pojok Baca Petrofin
Foto: Elnusa
Jakarta -

Anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk, PT Elnusa Petrofin (EPN) luncurkan program pojok baca untuk anak-anak yang bermukim di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (26/6). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka syukuran hari ulang tahun perusahaan ke-26 dan juga wujud kepedulian terhadap pendidikan.

Department Head of Corporate Communication & BoD Support sekaligus yang bertanggung jawab atas kegiatan CSR Perusahaan, Putiarsa Bagus Wibowo menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian perayaan HUT perusahaan ke-26. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan sarana prasarana pendidikan tepatnya di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Mandiri Alikhlas Triananda, Sumur Batu, Bantar Gebang.

"Peluncuran Pojok Baca Petrofin Peduli merupakan salah satu dari Rangkaian HUT ke-26 PT Elnusa Petrofin yang nantinya akan diperingati pada 5 Juli 2022 mendatang. Kegiatan ini pun telah kami rencanakan dari jauh hari, di mana Pojok Baca ini merupakan perwujudan dari Pilar #PetrofinPintar. Pilar ini berfokus pada peningkatan sarana maupun prasarana pendidikan, seperti edukasi ke sekolah maupun ke masyarakat, juga memberikan bantuan khazanah pendidikan," ujar Putiarsa dalam keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

Diketahui kegiatan ini berkolaborasi dengan Komunitas EPN Book Club dan Petrobikers yang merupakan komunitas internal karyawan Elnusa Petrofin. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh management perusahaan General Manager (GM) Transportation Operation Elnusa Petrofin, Tangguh Imam beserta Para Komunitas Internal EPN.

Peluncuran Pojok Baca Petrofin Peduli ini ditandai dengan pengguntingan pita, penyerahan donasi buku anak-anak yang sebelumnya dikumpulkan dari Pewira Petrofin (sebutan bagi pekerja EPN) dan penyerahan kelengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis. Setelah itu, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kelas inspirasi dan kelas mendongeng yang diisi oleh Komunitas EPN Book Club dan Petrobikers.

Kegiatan ini pun mengundang antusiasme dari anak-anak yang berada Satuan PAUD Sejenis (SPS) Mandiri Alikhlas Triananda. Di mana anak-anak ini merupakan mayoritas anak dari pemulung yang bermukim di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Pengurus SPS Mandiri Alikhlas Triananda, Masnah yang menerima kunjungan management menyampaikan bahwa dirinya merasa senang karena kegiatan ini dapat membantu anak-anak di SPS Mandiri Alikhlas Triananda. melalui perlengkapan sekolah seperti buku dan pojok baca.

"Terima kasih kepada Elnusa Petrofin beserta komunitasnya yang telah mendatangi kami. Kami pun sangat senang atas bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak terutama bantuan buku dan pojok baca yang telah dihadirkan di SPS Mandiri Alikhlas Triananda. Bantuan ini dapat menjadi motivasi dan semangat baru bagi anak-anak untuk dapat mewujudkan mimpi mereka. Kami berharap semoga kegiatan ini pun menjadi silaturahmi dan ada kegiatan selanjutnya," ujar Masnah.

SPS Mandiri Alikhlas Trianda yang berada langsung di dalam lingkungan TPST Bantar Gebang ini pun 2 tahun lalu mendapatkan musibah kebanjiran. Musibah ini menyebabkan kerusakan di sejumlah fasilitas ruang belajar, terutama buku pelajaran yang banyak terendam hingga rusak. Dengan adanya bantuan dari Elnusa Petrofin, menjadi angin segar bagi pengurus dan anak-anak yang menempati tempat tersebut. Karena selama jangka waktu tersebut, pengurus berusaha untuk mencari bantuan dari berbagai pihak.

Elnusa Petrofin juga berusaha memberikan dampak bagi masyarakat secara berkelanjutan melalui pilar-pilar yang ada di dalam Petrofin Peduli. Juga mewujudkan tujuan keempat dari Sustainable Development Goal's (SDG's) yaitu Pendidikan Berkualitas, Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat menambah pengetahuan khususnya bagi anak-anak yang berada di sekitar TPST Bantar Gebang. Karena seperti kita ketahui, banyak di antara anak-anak di daerah ini yang belum mengenyam bangku Pendidikan dan membutuh penunjang edukasi agar mereka tetap mendapatkan pendidikan sesuai dengan usia dan ragam mereka," pungkas Putiarsa.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT