ADVERTISEMENT

Tekan Angka Pencemaran Laut, Elnusa Petrofin Luncurkan Program ASIAP

Dea Duta Aulia - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 17:02 WIB
Elnusa Luncurkan ASIAP
Foto: Elnusa Petrofin
Jakarta -

PT Elnusa Petrofin, anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA), melalui Petrofin Peduli meluncurkan program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya (ASIAP) di Minahasa Selatan. Peluncuran tersebut bertujuan untuk mengurangi sampah yang ada di laut.

Direktur Operasional & Marketing PT Elnusa Petrofin, Nur Kholis menjelaskan program ASIAP menjadi salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan Elnusa Petrofin yang memberikan solusi tepat guna kepada masyarakat dalam mengatasi sampah di laut.

"Berbasis partisipasi masyarakat yang dikembangkan perusahaan bagi desa di wilayah Ring 1 unit operasi Depot LPG Amurang," kata Nur Kholis dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6/2022).

Nur Kholis mengatakan dalam acara tersebut pihaknya turut menyerahkan satu unit motor operasional berkapasitas 300 L untuk pengangkutan sampah dan seragam kepada Kelompok Desa Sapa Raya. Bantuan tersebut diharapkan dapat mendukung upaya untuk mencegah terjadinya pencemaran di laut.

"Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran sampah kembali di lingkungan," kata Nur.

Nur menjelaskan program ini akan melibatkan ribuan orang dari 3 desa di Minahasa. Nantinya, masyarakat yang terlibat dalam program tersebut akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut mengenai cara memilah sampah dan bank sampah. Dengan begitu diharapkan perilaku membuang sampah sembarangan dihilangkan.

"Program ASIAP ini berdampak terhadap 2.907 Orang yang merupakan penduduk di 3 desa ring 1 Depot LPG Amurang. Dan diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 Ton per bulan," kata Nur.

Sementara itu, Dorkas Singkala mengatakan pihaknya berterima kasih karena program ASIAP terlaksana. Ia berharap program ini bisa berjalan secara berkelanjutan dan bisa melibatkan lebih banyak lagi orang.

"Harapan kami selaku pemerintah, kontribusi Elnusa Petrofin menjadi tolak ukur kemajuan Minahasa Selatan. Di mana program ini sekaligus berguna untuk meningkatkan kesadaran kita akan perubahan iklim yang membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif khususnya dalam pengelolaan sampah," kata Dorkas.

Hal senada juga diungkapkan oleh Petrus Ulaan. Ia menginginkan agar program tersebut dalam berjalan secara berkelanjutan sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan.

"Semoga inisiatif dari Elnusa Petrofin dapat menggerakkan dan diikuti pelaku usaha dan industri, khususnya di Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan serta turut mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang resik dan bertanggung jawab kepada lingkungan, khususnya kecamatan Tenga," kata Petrus.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Operasional & Marketing PT Elnusa Petrofin Nur Kholis, Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa Tbk Ratih Esti Prihatini, Direktur SDM & Umum PT Elnusa Tbk Tenny Elfrida. Serta Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan Dorkas Singkala, Camat Tenga Petrus Ulaan, Kepala Desa Sapa, Kepala Desa Sapa Barat, dan Kepala Desa Sapa Timur.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT