ADVERTISEMENT

Alasan Irjen Fadil Ingin Street Race di Sirkuit Formula E, Kini Kandas

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 09:46 WIB
Kapolda Metro Jaya
Foto: Iswahyudi / 20detik)
Jakarta -

Keinginan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menggelar street race atau balap motor jalanan di sirkuit Formula E kandas lantaran tak diizinkan oleh Panitia Formula E. Padahal, Irjen Fadil Imran punya sejumlah alasan dirinya berencana menggelar acara tersebut di sirkuit Formula E.

Fadil mengatakan tujuannya meminjam sirkuit Formula E yakni agar acara balapan motor jalanan bisa secara rutin dilakukan. Dengan begitu, itu bisa mewadahi hobi para penggemar motor balap.

"Kami berencana menggelar street race secara kontinu dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pembalap liar untuk bisa menuangkan hobi mereka," kata Fadil saat membuka Meikarta Street Race di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/6) seperti dilansir dari Antara.

Fadil beralasan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, merupakan lokasi yang lebih nyaman bagi pembalap. Karena itu lah, dia ingin menggelar street race di sirkuit Formula E.

"Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race," ucapnya.

Street Race Tak Diizinkan di Sirkuit Formula E

Namun demikian, asa Irjen Fadil Imran terhalang penilaian dari FIA. Panitia Formula E mengatakan kemungkinan tak memberi izin sirkuit itu dipakai jika street race yang dimaksud ialah balapan motor atau roda dua.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," kata Ketua Pelaksana Formula E Sahroni di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu menjelaskan sirkuit Formula E hanya diperuntukan untuk balapan kendaraan roda empat. Hal itu mengacu pada regulasi otomotif dunia atau FIA. Meski begitu, dia tetap mengapresiasi keinginan Irjen Fadil mengakomodir hobi masyarakat.

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Anies Pamer Formula E: Hanya 10 Negara yang Bisa Jadi Tuan Rumah

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT