ADVERTISEMENT

Panitia Tak Izinkan Sirkuit Formula E Dipakai Street Race Roda Dua

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 21:59 WIB
Pembangunan lintasan Sirkuit Formula E di Jakarta telah rampung. Kini Jakarta International E-Prix Circuit menyisakan pemasangan infrastruktur tambahan.
Sirkuit Formula E (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ingin menggelar street race di sirkuit Formula E atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol. Panitia Formula E mengatakan kemungkinan tak memberi izin sirkuit itu dipakai jika street race yang dimaksud ialah balapan motor atau roda dua.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," kata Ketua Pelaksana Formula E Sahroni di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2022).

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu menjelaskan sirkuit Formula E hanya diperuntukan untuk balapan kendaraan roda empat. Hal itu mengacu pada regulasi otomotif dunia atau FIA. Meski begitu, dia tetap mengapresiasi keinginan Irjen Fadil mengakomodir hobi masyarakat.

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut," jelasnya.

Sahroni memastikan balapan mobil segera digelar setelah Formula E. Agenda pertama balapan di sirkuit Formula E diselenggarakan oleh IMI.

"Pelaksanaan balap mobil mungkin kita akan realisasikan, nanti ada kegiatan dengan IMI. Tapi, untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berencana meminjam sirkuit Formula E untuk ajang balapan jalanan (street race). Fadil mengatakan street race ini akan terus digelar demi mewadahi hobi para penggemar.

Lihat juga video 'Anies Pamer Kesuksesan Formula E di Rapat Paripurna DPRD DKI':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT