ADVERTISEMENT

Kafe Elvis Bogor Berakhir Ditutup Imbas Temuan Ratusan Botol Miras

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 07:48 WIB
Bima Arya temukan ratusan minuman beralkohol di atas 5 persen di Kafe Elvis, Jl Raya Pajajaran, Baranangsiang, Kota Bogor, Sabtu (25/6/2022).
Foto: (Foto: Tangkapan layar video Pemkot Bogor)

Miras Ditemukan di Gudang Kafe

Tak berhenti sampai di area bar, Bima Arya juga memeriksa gudang penyimpanan kafe tersebut. Hasilnya, Bima Arya menemukan ratusan minuman beralkohol.

"Karena di bangunan utama tidak ada, kami curiga ada bangunan di sebelah yang disewa oleh Elvis untuk gudang. Kami bongkar paksa gudang itu dan di situ kami temukan ratusan minuman beralkohol," jelas Bima Arya.

Bima Arya menegaskan Elvis tidak boleh menjual minuman beralkohol di atas 5 persen. Hal ini mendasari kesepakatan di awal di mana saat itu Elvis bernama Holywings.

"Kesepakatan Holywings di Bogor ini beda, kalau di Holywings kan boleh di atas 5 persen, tapi Holywings di Bogor tidak," tambahnya.

Bima Arya lantas meminta jajarannya untuk menyita minuman beralkohol tersebut.

Kafe Elvis Ditutup 14 Hari

Bima Arya lalu menegaskan pihaknya juga menyegel Kafe Elvis. Dia mengatakan kafe tersebut ditutup selama 14 hari ke depan.

"Enggak boleh, mereka enggak boleh buka. Sudah kita segel, kita tutup. Kalau berdasarkan Perda itu (penutupan) selama 14 hari," kata Bima Arya

Bima Arya menegaskan Kafe Elvis (dahulu bernama Holywings) telah melanggar Perda. Sebab, sesuai kesepakatan di awal ketika Kafe Elvis didirikan--dengan nama Holywings--saat itu, tidak menjual minuman beralkohol di atas 5 persen.

Faktanya, dari hasil sidak siang tadi bersama jajaran Forkopimda Kota Bogor, ditemukan adanya ratusan botol minuman beralkohol di gudang. Bima Arya juga menemukan struk pembelian minuman beralkohol hingga 40 persen di Kafe Elvis tersebut.

"Jadi artinya mereka sudah melanggar Perda, jadi langsung kita segel dan IMB-nya (Izin Mendirikan Bangunan) dibekukan," tegas Bima Arya.

Selama 14 hari ini Pemkot Bogor akan melakukan pendalaman. Kafe Elvis terancam dicabut izin usahanya apabila ditemukan pelanggaran berat.

"Selama 14 hari ini kita dalami, apabila memang pelanggaran berat bukan tidak mungkin izinnya kita cabut atau kita kembalikan izin usahanya. Selama 14 hari ini kita dalami dulu, termasuk untuk menjaga kondusifitas karena Holywings ini satu Indonesia membuat umat muslim tersakiti," papar Bima Arya.


(maa/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT