Wanti-wanti ke Pencoret Patung Jenderal Sudirman Kini Diburu Polisi

ADVERTISEMENT

Wanti-wanti ke Pencoret Patung Jenderal Sudirman Kini Diburu Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 06:00 WIB
Patung Jenderal Sudirman di Jakarta adalah monumen Pahlawan Nasional di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Ini sejarahnya.
Patung Jenderal Sudirman di Jakrata Pusat (Dok. detikcom)
Jakarta -

Untuk kesekian kalinya, Patung Jenderal Sudirman jadi sasaran corat-coret atau vandalisme oleh orang tak dikenal. Aksi vandalisme tersebut kini diusut oleh pihak kepolisian.

Berdasarkan foto-foto yang diterima detikcom, pada Minggu (19/6) yang lalu, tampak coretan cat putih terdapat di bagian bawah batu pertama patung. Coretan terdapat di sisi depan dan samping patung Sudirman.

Aksi vandalisme itu pun dikonfirmasi oleh Lurah Karet Tengsin Hari Ananda. Dia menduga aksi vandalisme itu dilakukan saat malam hari lantaran petugas PPSU sudah menemukan patung itu telah dicoret-coret pada pagi hari.

"Jadi tadi pagi kami dapat informasi dan langsung kami hapus. Siapa yang mencoret kami nggak tahu. Mungkin kejadiannya malam," kata Hari saat dimintai konfirmasi, Minggu (19/6).

"Kita ketika ada sarpras tidak sesuai dan wewenang kelurahan kami akan tindaklanjuti," lanjutnya.

Wagub DKI Minta Jangan Ada Lagi Vandalisme

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bahkan sampai buka suara terkait persoalan vandalisme tersebut. Dia meminta jangan sampai ada lagi aksi-aksi vandalisme, terutama di patung pahlawan nasional tersebut.

"Kami minta teman-teman mari kita hormati pembangunan yang ada, jangan ada vandalisme, apalagi di Patung Jenderal Sudirman," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/6).

"Kita jaga semua tempat, jangan ada lagi vandalisme," sambungnya.

Simak selengkapnya soal polisi buru para pelaku vandalisme Patung Jenderal Sudirman.

Saksikan juga 'Saat Tugu Sepatu di Sudirman Dicorat-coret':

[Gambas:Video 20detik]



Riza meminta masyarakat tidak sekadar menghormati keberadaan Patung Jenderal Sudirman yang didirikan di jalan protokol Jakarta itu. Dia meminta semua pihak turut menghargai nilai-nilai perjuangan Jenderal Sudirman.

"Apalagi patung itu tidak sekadar memberikan penghormatan kepada Jenderal Sudirman, tapi bentuk kita meneladani perjuangan Jenderal Sudirman," ucapnya.

Pelaku Vandalisme Diburu Polisi

Pihak kepolisian tidak tinggal diam terkait aksi vandalisme di patung pahlawan nasional tersebut. Polisi kini memburu para pelaku.

"Masih lidik (penyelidikan)," ujar Kapolsek Setiabudi Kompol Agung Permana kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

Agung mengatakan kini Patung Jenderal Sudirman sudah dibersihkan oleh Tim PPSU Kecamatan Setiabudi. Nantinya, pihak kepolisian bakal melakukan patroli supaya aksi vandalisme tidak terulang.

"Kita lakukan upaya preventif ke depan. Anggota patroli sekitaran supaya tidak terulang," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, patung Jenderal Sudirman di Dukuh Atas, Jakpus, sudah berkali-kali ternodai oleh aksi corat-coret atau vandalisme orang usil. Untuk kesekian kalinya coretan itu dihapus.

Pada 2015, patung sang pahlawan dua kali menjadi korban vandalisme. Saat itu, patung ini sempat dicoret-coret di bagian penyangganya yang setinggi 5,5 meter.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT