ADVERTISEMENT

Miris! Patung Jenderal Sudirman Bukan Cuma Kali Ini Dicoret-coret

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 16:07 WIB
Vandalisme Patung Sudirman di Jakarta (Dok Kel Karet)
Foto: Vandalisme Patung Sudirman di Jakarta (Dok Kel Karet)
Jakarta -

Patung Jenderal Sudirman di Dukuh Atas, Jakarta menjadi sasaran aksi corat-coret atau vandalisme orang usil. Mirisnya, ini bukan kejadian yang pertama.

Pada tahun 2015, patung sang pahlawan ini dua kali menjadi korban vandalisme. Saat itu, patung ini juga sempat dicorat-coret di bagian penyangganya yang setinggi 5,5 meter.

"Kalau sebelum Lebaran, dicorat-coretnya di bagian depannya. Kalau yang sekarang ada di bagian sisi pondasi patungnya," kata Mico Siswanto, salah seorang pekerja di kawasan bisnis itu kepada detikcom, hari ini.

Mico sempat menjepret coretan di pondasi patung Sudirman itu saat sebelum Lebaran. Tak berapa lama, coretan menggunakan cat semprot warna terang itu dihapus aparat berwenang. Warna pondasi kembali hitam.

Kejadian kedua terjadi seusai lebaran tahun 2015, vandalisme terjadi lagi di patung yang sama. Kali ini coretan dibuat di bagian penyangga di sisi yang berbeda. Mico menduga pencorat-coret patung itu adalah orang yang sama.

"Bentuk tulisannya speerti huruf 'S' dan huruf 'A' bentuknya hampir sama. Kemungkinan orangnya sama pelakunya," kata Mico.

Aksi vandalisme ini pun membuat Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki T Purnama (Ahok) berang. Dia mengatakan, jika pelakunya tertangkap maka harus diberi sanksi tegas.

"Kalau ketangkap ya harus diberi sanksi," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Dia menegaskan jika ketahuan siapa pelakunya maka harus ditindak tegas.

Sekarang patung Jenderal Sudirman dicoret lagi? Baca di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Penampakan Sisa-sisa Aksi 11 April, Vandalisme-Pos Polisi Dibakar

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT