ADVERTISEMENT

Anies Janji Tak Akan Slow Down di Akhir Masa Jabatan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 21:46 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perubahan 22 nama jalan di wilayah Jakarta. Nama-nama jalan itu diambil dari nama tokoh-tokoh Betawi.
Foto: Gubernur DKI Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tersisa empat bulan lagi. Meski begitu, Anies berkomitmen menuntaskan seluruh tanggungjawabnya di Jakarta.

"Kemudian terkait dengan tahun terakhir, saya masih terus bekerja di Jakarta. Tidak ada kata akhir sampai sudah tuntas, sekarang fokus seakan kita masih bertugas bertahun-tahun," kata Anies kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

Eks Mendikbud itu bakal memastikan seluruh program kerja berjalan baik. Anies berjanji tak akan slow down dengan tugas-tugasnya.

"Jangan seakan kita masih bertugas tinggal beberapa bulan lalu kemudian slow down, tidak. Tetap jalan terus, tetap fokus di Jakarta, tetap memastikan bahwa semua program berjalan dengan baik," tegasnya.

Program Kerjanya Tak Akan Berhenti Oktober

Anies juga menekankan yang berakhir pada Oktober mendatang adalah masa jabatannya, bukan program kerjanya. Menurutnya, program kerja yang kepemimpinannya tinggalkan bakal terus bergulir.

"Bukan, kalau program masih ada, program itu tidak berhenti Oktober, selama Jakarta ada maka program ada, periode kepemimpinannya yang berhenti Oktober. Tapi kalau program dan kegiatan ada terus," kata Anies.

"Akan ada tantangan baru, akan ada kebutuhan baru sehingga akan selalu muncul program baru dan akan selalu muncul inovasi baru. Ini bagian dari keberlanjutan pembangunann kota," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo menyinggung soal masa jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria, yang segera berakhir pada Oktober mendatang. Hal ini disampaikan Prasetyo saat memimpin rapat paripurna memperingati HUT Jakarta atau Jakarta Hajatan ke-495.

"Perlu diketahui bahwa penyelenggaraan rapat paripurna kali ini dalam rangka memperingati Jakarta Hajatan ke-495 merupakan yang terakhir untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022," kata Prasetyo saat menyampaikan sambutan di ruang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022).

Politikus PDIP itu meminta Anies dan Riza bekerja dengan maksimal di sisa masa jabatannya. Dia juga berharap kerja sama yang telah terjalin selama ini dengan legislatif tetap dipertahankan.

"Terkait dengan hal tersebut, di sisa masa tugas yang masih ada, kami mengharapkan kiranya Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tetap mempertahankan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini dan tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Prasetyo memandang, kota yang kini berusia 495 tahun ini kerap dihadapi permasalahan kompleks. Untuk itu, dia meminta, di momen peringatan hari jadi Kota Jakarta ini, seluruh pihak bisa melakukan evaluasi dan koreksi diri.

"Kota Jakarta memiliki kompleksitas permasalahan yang dihadapi sehingga DPRD Provinsi DKI Jakarta selalu berupaya melakukan evaluasi serta koreksi berlandaskan aspirasi masyarakat dengan tetap menjaga keharmonisan hubungan baik antara legislatif dan eksekutif," imbuhnya.

(taa/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT