ADVERTISEMENT

Lawatan Jokowi ke Eropa Temui Zelensky dan Putin di Tempat Berbeda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 21:25 WIB
Kapan Presiden Jokowi lahir? Hari ini, Selasa (21/6/2022) adalah hari kelahiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Jokowi berulang tahun yang ke-61.
Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Eropa akhir Juni ini. Jokowi dijadwalkan juga akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Agenda kunjungan Jokowi ke Eropa itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Sebelum bertemu dengan kedua pimpinan negara yang sedang berperang itu, Jokowi lebih dulu ke Jerman.

"Presiden RI telah mendapatkan undangan dari Ketua G7, Jerman untuk hadir dalam KTT G7 di Elmau pada tanggal 26-27 Juni 2022," kata Retno dalam press briefing virtual, Rabu (22/6/2022).

Agenda Jokowi di Jerman

Di Jerman, Jokowi akan mengikuti KTT G7. Indonesia memang tidak termasuk negara anggota G7, tetapi Presiden Indonesia diundang untuk hadir di acara itu sebagai negara partner.

"Beberapa negara non-G7 atau disebut G-7 Partner Countries yang mendapatkan undangan untuk hadir dalam KTT G7 adalah Indonesia, India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan," jelas Retno.

Di sela-sela pertemuan G7 itu, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pimpinan negara. Jokowi telah menerima permintaan pertemuan itu dan mengatur jadwal.

"Permintaan pertemuan bilateral banyak sekali diterima Presiden dan tentunya semaksimal mungkin akan diatur. Di dalam G7 Summit for Partner Countries tersebut, salah satu isu yang akan dibahas adalah mengenai masalah pangan," jelasnya.

Ke Ukraina dan Rusia

Setelah dari Jerman, Jokowi akan ke Ukraina dan Rusia. Namun, Retno tidak menjelaskan tanggal jelas pertemuan itu.

"Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal. Kita paham situasi saat ini masih sangat sangat-sangat complicated," kata Retno

"Dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," sebut Retno.

Baca berita lengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT