ADVERTISEMENT

Anies Ganti 22 Nama Jalan di Jakarta, Bagaimana Nasib KTP Warga?

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 17:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perubahan 22 nama jalan di wilayah Jakarta. Nama-nama jalan itu diambil dari nama tokoh-tokoh Betawi.
Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga tak khawatir soal data kependudukan akibat perubahan 22 nama jalan di Ibu Kota. Anies memastikan pihaknya telah berkonsultasi dengan instansi terkait sebelum mengubah nama jalan.

"Semua prosesnya itu sudah melewati konsultasi dari instansi terkait. Dari BPN terkait pertanahan dan kepolisian terkait kendaraan bermotor dan kependudukan dan semua instansi lain," kata Anies kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

Anies menjamin nama-nama jalan yang dulu masih berlaku di sistem data kependudukan. Nantinya, instansi-instansi terkait melakukan penyesuaian data dengan nama jalan baru saat warga memperbarui data kependudukan ataupun dokumen lain yang memuat alamat.

"Ketika ada kepengurusan langsung akan dilakukan penyesuaian namanya. Jadi insyaallah tidak akan membebani dan nama yang masih ada sekarang masih berlaku ketika melakukan pembaruan. Nanti bisa diganti atau mendatangi atau bisa diganti," ujarnya.

Anies mengatakan perubahan nama jalan merupakan bentuk usaha bersama. Dia mengatakan tak akan mengubah nama jalan tanpa persiapan matang.

"Ini termasuk ikhtiar kita untuk membuat jalan-jalan kita makin akurat, kenapa disebutkan bergelombang, karena ada pergantian jalan lain yang masih berproses," ujarnya.

"Kami tidak mau mengganti sebelum penyiapan antarinstansi selesai, yang tadi saya bilang, dan semua ada konsultasi wali kota dan warga sekitar," sambungnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan telah meresmikan perubahan 22 nama jalan di wilayah Jakarta. Nama-nama jalan itu diambil dari nama tokoh-tokoh Betawi.

"Alhamdulillah ini sudah dibahas bersama baik dengan pihak kepolisian. Karena mungkin masyarakat menanyakan nanti gimana STNK-nya, Pak? Gimana BPKB-nya? Sudah telanjur ketulis namanya, sudah dibahas dengan itu," kata Anies dalam upacara peresmian nama jalan tokoh Betawi di Kantor Unit Pengelola Perkampungan Budaya Betawi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (20/6).

"Lalu sertifikat tanah sudah pula dibahas dengan BPN, jadi insyaallah nggak ada masalah. Dan kemudian nanti di kependudukan sudah dibahas juga dengan Dukcapil, jadi nanti KTP, kartu keluarga, dan lain-lain secara bertahap bisa langsung diperbarui dengan nama yang baru sehingga tidak menimbulkan masalah bagi semuanya," sambungnya.

Simak Video: Sejumlah Nama Jalan di Jakarta Diubah, Anies Pastikan Tak Bebani Warga

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT