ADVERTISEMENT

Pemkot Jakbar Ungkap Alasan Abadikan 'Bang Pitung' Jadi Nama Jalan

Antara News - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 10:55 WIB
Jalan Bang Pitung (Mulia Budi/detikcom)
Foto: Jalan Bang Pitung di Kebayoran Lama, Jaksel. Nama Bang Pitung juga diabadikan sebagai nama jalan di Rawa Belong, Jakbar (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Nama seorang pahlawan Betawi, Bang Pitung, diabadikan menjadi nama jalan di daerah Rawa Belong, Jakarta Barat (Jakbar). Sebelumnya, nama Bang Pitung dipakai untuk menggantikan nama Jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jaksel).

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakbar mengabadikan nama Bang Pitung sebagai nama sebuah jalan di kawasan Rawa Belong untuk menghormati jasa pahlawan tersebut.

"Jangan biarkan nama-nama yang sudah berjasa di kita ini dilupakan, kita perlu teladan dan contoh baik dari orang-orang sebelum kita," kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakbar, Ahmad Syaropi, seperti dilansir Antara, Rabu (22/6/2022).

Dia mengatakan pencanangan nama pahlawan menjadi jalan bermula dari gagasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengimbau masyarakat dan jajarannya untuk menghormati jasa para pahlawan.

Gagasan itu berlanjut ke realisasi penggantian nama jalan di wilayah Jakbar menjadi nama pahlawan. Dia mengatakan ada beberapa nama pahlawan yang diusulkan untuk diabadikan sebagai nama jalan.

"Ada nama Guru Madjid sama Guru Makmun, Juned Al Batawi. Mereka yang menyebarkan agama Islam di wilayah Betawi," ucapnya.

Kemudian masyarakat juga mengusulkan nama Pitung untuk menjadi nama jalan. Usul itu disampaikan kumpulan sanggar silat yang ada di kawasan Rawa Belong.

Pitung diusulkan oleh banyak sanggar silat yang ada di Rawa Belong. "Ada sekitar 15 sanggar silat di wilayah itu," kata dia.

Syaropi menilai sosok Pitung sangat berpengaruh di kawasan tersebut. Pitung dianggap berperan dalam perkembangan silat di kawasan Rawa Belong hingga wilayah Jakarta lainnya.

Selain itu, lanjutnya, Pitung juga dikenal sebagai sosok pendekar yang mahir beladiri silat dan melawan para penjajah demi membela warganya.

Alasan-asalan itu membuat Pemkot Jakbar bersama warga sepakat menamai jalan di kawasan Rawa Belong menjadi Jalan Bang Pitung.

Nama Pitung juga diabadikan menjadi nama jalan di Jaksel. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Djarot Prihatin Kemiskinan di DKI: Kalau Kita 1 Periode Lagi, Pasti di Bawah 5%':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT