ADVERTISEMENT

Mitsuhiro Taniguchi: Embat Bansos, Ternak Lele di Lampung, Kini Dideportasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 07:59 WIB
Jakarta -

Berakhir sudah langkah Mitsuhiro Taniguchi di Indonesia. Orang Jepang itu dipulangkan Indonesia ke negara asalnya. Berikut perjalanan pelarian Mitsuhiro di Indonesia.

8 Mei 2022, kabar penangkapan Mitsuhiro Taniguchi oleh pihak Imigrasi di Lampung menyedot perhatian publik lintas negara. Dia ditangkap di Kalirejo, Lampung Tengah, pada 7 Mei 2022 pukul 22.30 WIB.

Pria 47 tahun itu ternyata adalah orang pelarian. Dia sudah diuber-uber polisi Jepang karena mengembat duit bantuan sosial (bansos) pemerintah Jepang, padahal dia tidak berhak menerimanya.

Embat bansos Rp 105 miliar

Dilansir Asahi Shimbun, Rabu (8/6) lalu, Mitsuhiro Taniguchi masuk daftar buron internasional oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo karena dicurigai menerima subsidi pemerintah dengan cara curang untuk usaha kecil yang berjuang di tengah pandemi COVID-19. Jumlah total subsidi yang diterima diperkirakan mencapai 960 juta yen ($7,38 juta) atau setara Rp 105 miliar.

Bagaimana dia bisa mendapat bansos padahal dia tidak berhak? Penyidik setempat mengatakan Mitsuhiro mencoba berkali-kali mengajukan subsidi palsu dan berkolusi dengan kenalannya.

Aparat Jepang mengendus akal bulus Mitsuhiro Taniguchi. Namun demikian, Mitsuhiro Taniguchi keburu kabur ke Indonesia, Oktober 2020.

Taniguchi masuk Indonesia dengan visa tinggal terbatas untuk penanam modal. Izin tinggal terakhir yang dimiliki Taniguchi yakni KITAS yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Jakarta Selatan pada tanggal 19 April 2021 dan berlaku hingga 17 Juni 2023.

Selanjutnya, ternak lele:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT