ADVERTISEMENT

Warga Lampung Tak Tahu Mitsuhiro Taniguchi Buron Polisi Jepang

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 19:38 WIB
Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di RI (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di RI (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Buron kepolisian Jepang, Mitsuhiro Taniguchi, ditangkap di rumah Masduki, seorang warga Lampung. Warga tidak mengetahui bahwa Mitsuhiro melakukan kejahatan hingga menjadi buron kepolisian Jepang.

"Kalau ini kan ibaratnya dia warga asli sana yang tidak tahu-menahu," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Rabu (8/6/2022).

Dalam pelariannya, Mitsuhiro pergi ke Lampung dan berinvestasi di bidang perikanan. Di Lampung Tengah, Mitsuhiro bekerja sama dengan Masduki terkait bisnis perikanan.

Aktivitas bisnis tersebut membuat warga tidak menaruh curiga kepada Mitsuhiro.

"Betul, di daerah Kalirejo dia melakukan investasi pembibitan ikan," ucap Pandra.

"Memang dia sering bolak-balik, memang tidak berdomisili di situ, tapi aktivitas usahanya di sana untuk investasi bidang perikanan tersebut," imbuhnya.

Pandra mengatakan di Lampung Tengah juga banyak investasi yang dilakukan dari berbagai negara. Investasi di bidang peternakan, pertanian, dan perkebunan ini juga meningkatkan perekonomian di Lampung.

"Saat ini potensi Provinsi Lampung banyak orang berinvestasi dari berbagai negara. Saat ini sebutan Lampung ialah treasure of Sumatera, harta karun Sumatera," tuturnya.

Mitsuhiro ditangkap Polda Lampung beserta jajaran di rumah Masduki di kawasan Kalirejo, Lampung Tengah, Lampung, pada Selasa (7/6) malam. Pandra mengatakan Mitsuhiro tidak melakukan perlawanan saat ditangkap di rumah Masduki.

"Tidak melakukan ini (perlawanan), cukup kooperatif," katanya.

Dia mengatakan penangkapan Mitsuhiro merupakan hasil kolaborasi kerja kepolisian Jepang, Interpol, Ditjen Keimigrasian Kemenkumham, dan Polri.

"Proses penyidikan lebih lanjut dilakukan kepolisian nasional Jepang karena ini kan laporannya dari kepolisian Jepang," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Polisi Ditombak Saat Tangkap Buronan Begal di Jambi

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT