ADVERTISEMENT

TB Hasanuddin Anggap Mahathir Tak Bijak: Batas Malaysia dan Kepri Final

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 18:57 WIB
Cagub Jabar TB Hasanuddin menjalani syuting Blak-blakan DCandidate detikcom di Jakarta
TB Hasanuddin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP TB Hasanuddin menilai pernyataan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad soal Malaysia harus klaim wilayah Kepulauan Riau (Kepri) tidak tepat. TB Hasanuddin mengatakan batas Singapura, Kepri, dan Malaysia tidak perlu dipersoalkan lagi.

"Menurut hemat saya, pernyataan itu tidak tepat dan tak bijak. Batas-batas antara Singapura, Kepri (Indonesia), dan Malaysia saat ini sudah final dan tak perlu dipermasalahkan lagi," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

Hasanuddin lantas mengungkit wilayah Malaysia yang pernah diduduki Majapahit. Menurutnya, Indonesia sampai saat ini tidak pernah mengungkit atau mengklaim wilayah tersebut.

"Indonesia juga tak pernah mempermasalahkan dan mengungkit-ungkit wilayah Malaysia yang dulu menjadi bagian dari wilayah Majapahit," ucapnya.

Lebih lanjut, Hasanuddin menyerahkan persoalan ini kepada Kementerian Luar Negeri RI. Dia juga meminta masyarakat tidak terpancing atas pernyataan Mahathir tersebut.

"Kita tak boleh terpancing oleh pendapat yang dapat memancing ketegangan di wilayah ini. Soal (sikap) Kemlu, ya terserah Kemlu saja," ujarnya.

Mahathir Mohamad sebelumnya melontarkan pernyataan kontroversial dengan menyebut Malaysia seharusnya mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau yang merupakan wilayah Republik Indonesia.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Mahathir Minta Malaysia Klaim Kepulauan Riau dan Singapura!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT