ADVERTISEMENT

Polri Jelaskan Alur PK Sidang Etik untuk Pecat Brotoseno

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 14:44 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di sela acara Rapim-TNI Polri 2022 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).
Kadiv Humas Polri (Foto: Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri resmi diundangkan. Polri pun menjelaskan beberapa tahapan untuk melakukan peninjauan kembali (PK) putusan sidang etik AKBP Brotoseno.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan membentuk tim peneliti untuk verifikasi putusan sidang etik Brotoseno. Tim ini diisi oleh Irwasum Polri hingga Kadiv Propam Polri.

"Sesuai apa yang disampaikan Pak Kadiv Propam, setelah diterbitkan Perpol 7/2022, boleh dikatakan merevisi Perkap 19, langkah yang harus dilakukan segera adalah pembuatan tim untuk melakukan verifikasi atas putusan sidang kode etik tahun 2020 lalu," kata Dedi kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

"Tim ini akan diketuai Bapak Irwasum, beranggotakan ada Kadiv Propam, ada dari Kadivkum dan juga ada beberapa pakar akan dilibatkan," tambahnya.

Dedi mengatakan Kapolri akan mengajukan administrasi untuk mengesahkan tim tersebut. Nantinya, putusan sidang Etik Brotoseno yang digelar 2020 akan diaudit.

"Tugas utama setelah dibentuk, prosesnya sedang pengajuan administrasi. Adminstrasi sedang diajukan Bapak Kapolri, nanti kalau Bapak Kapolri sudah mengesahkan dari tim tersebut, segera mungkin tim tersebut akan melakukan audit terhadap putusan-putusan yang dikeluarkan oleh sidang kode etik tahun 2020 lalu," katanya.

Hasil audit itu akan disampaikan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sigit kemudian berperan untuk mengoreksi keputusan yang telah diaudit.

"Nah dari hasil audit itu akan disampaikan follow up-nya dan disampaikan rekomendasi kepada Bapak Kapolri, sehingga Bapak Kapolri nanti akan memutuskan, mengkoreksi tentang keputusan-keputusan yang sudah diputuskan di masa lalu dari berbagai perspektif. Dari sisi administrasinya, dari sisi proses pembuktiannya, kemudian dari sisi penuntutannya, dan semuanya," katanya.

Simak video 'Kapolri Segera Tindak Lanjuti PK Brotoseno Dalam Waktu Dekat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT