ADVERTISEMENT

Kepuasan ke Jokowi Turun, PAN Bicara Masa Transisi Pascapandemi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 08:37 WIB
Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menurun berdasarkan survei Litbang Kompas. PAN mengamini adanya pengaruh gejolak ekonomi dengan kepuasan terhadap pemerintah.

"Dari hasil survei menguatkan asumsi dan kenyataan bahwa kepuasan publik terhadap pemerintah sangat ditentukan oleh faktor ekonomi dan lapangan pekerjaan," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Senin (20/6/2022).

"Ketika terjadi gejolak ekonomi, terutama soal kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan menurun, maka berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan publik terhadap pemerintah," tambahnya.

Reshuffle terakhir yang dilakukan Jokowi di bidang ekonomi menjadi harapan PAN. Reshuffle dinilai menjadi pintu masuk menjaga dan stabilitas perekonomian dalam negeri.

"Tanggal 15 Juni 2022 telah dilakukan reshuffle. Diharapkan tim ekonomi pemerintah dapat bekerja maksimal, dapat mengatur, menjaga, dan melakukan stabilisasi harga bahan pangan dan bahan pangan pokok, serta dapat menstimulasi sektor industri dan manufaktur agar terbuka peluang untuk menampung lapangan pekerjaan," ujar Viva.

Dia mengatakan perekonomian Tanah Air juga terpengaruh faktor transisi dari pandemi COVID-19 dan kondisi global. Oleh sebab itu, stabilitas ekonomi dianggap punya kaitan kuat dengan stabilitas politik.

"Masa transisi perekonomian Indonesia pascapandemi COVID-19, bukan hanya dipengaruhi oleh faktor dalam negeri, tetapi juga oleh perekonomian global dan dampak ekonomi perang Rusia-Ukraina," ucap Viva.

Menurutnya, persoalan ekonomi nasional harus menjadi prioritas dan ditangani secara bersama-sama.

"Jika kita kompak bahwa persoalan memperbaiki ekonomi nasional menjadi agenda utama bangsa, maka tentu akan memiliki trickle down effect pada stabilitas politik, penciptaan lapangan usaha yang kondusif, dan semakin menguatnya integrasi nasional," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Direktur IPO: Reshuffle Kali Ini Akomodasi Politik':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT