Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng Setiap Akhir Pekan

ADVERTISEMENT

Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng Setiap Akhir Pekan

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 13:56 WIB
Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng

Warga menyaksikan pertunjukan air mancur menari di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menghadirkan pertunjukan air mancur menari setiap akhir pekan dan terbagi dalam tiga sesi, yakni pukul 18.30 WIB, 19.30 WIB dan 20.15 WIB, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Jadwal air mancur Lapangan Banteng kembali hadir setelah selama 2 tahun sempat tidak beroperasi. Kini pertunjukan air mancur menari di Taman Lapangan Banteng akan kembali hadir.

Perlu diketahui, sebelumnya pertunjukan air mancur Lapangan Banteng sempat tidak beroperasi selama 2 tahun karena adanya pandemi Covid-19.

Berdasarkan informasi dari postingan media sosial resmi Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta), kini pertunjukan air mancur Lapangan Banteng kembali dihadirkan. Bagi pengunjung, simak jadwal air mancur Lapangan Banteng dan rentetan informasi lainnya berikut ini.

Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng Setiap hari Sabtu dan Minggu

Jadwal air mancur Lapangan Banteng kembali diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Jadwal pertunjukan air mancur menari yang ada di Lapangan Banteng tersebut dibagi menjadi tiga sesi, sebagai berikut:

  1. Sesi pertama: pukul 18.30 - selesai.
  2. Sesi kedua: pukul 19.30 - selesai.
  3. Sesi ketiga: pukul 20.15 - selesai.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke pertunjukan air mancur Lapangan Banteng diimbau agar selalu menjaga kebersihan dan ketertiban taman, serta patuhi prosedur yang berlaku di sana.

Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng: Informasi Harga Tiket

Jadwal air mancur Lapangan Banteng sudah diketahui, lantas berapa harga tiket masuk ke Lapangan Banteng?

Untuk berkunjung ke Lapangan Banteng, harga tiket masuk adalah gratis untuk umum alias tidak dipungut biaya apapun. Begitu pula untuk menyaksikan pertunjukan air mancur Lapangan Banteng tersebut.

Jadwal Air Mancur Lapangan BantengWarga menyaksikan pertunjukan air mancur menari di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menghadirkan pertunjukan air mancur menari setiap akhir pekan dan terbagi dalam tiga sesi, yakni pukul 18.30 WIB, 19.30 WIB dan 20.15 WIB, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA

Jadwal Air Mancur Lapangan Banteng: Informasi Lokasi

Lapangan Banteng terletak di wilayah Jakarta Pusat yang beralamat di Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Adapun fasilitas yang tersedia di Lapangan Banteng antara lain seperti area parkir kendaraan, lapangan sepak bola, kamar mandi atau MCK, tempat istirahat, dan area olahraga.

Bagi pengunjung yang ingin pergi menuju ke lokasi Lapangan Banteng tersebut dapat simak informasi selengkapnya mengenai cara menuju ke Lapangan Banteng berikut ini.

Cara Menuju ke Lokasi Lapangan Banteng

  1. Bagi pengguna kereta ke Lapangan Banteng dapat melakukan pemberhentian terdekat melalui Stasiun Juanda
  2. Bagi pengguna bus ke Lapangan Banteng dapat melakukan pemberhentian terdekat melalui: Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng 1, Kantor Pos Lapangan Banteng, Juanda Istiqlal, Halte Dr. Wahidin Raya, Istiqlal, Lapangan Banteng, Lapangan Banteng, Hotel Borobudur, Lapangan Banteng 2, dan Pejambon 1.Dengan jalur bus 1, 5C, atau Feeder Kereta Bandara.

Sejarah Lapangan Banteng

Lapangan Banteng merupakan taman yang menjadi salah satu ruang terbuka bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Lapangan Banteng juga tentunya memiliki sejarahnya sebagai berikut.

Melansir dari lama resmi Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat, dikutip dari buku berjudul The Origin of The Place Names in Jakarta atau Asal-usul Nama Tempat di Jakarta karya Rachmat Ruchiat, di masa pemerintahan Belanda, Lapangan Banteng dikenal dengan nama Lapangan Singa.

Penamaan Lapangan Singa tersebut karena di bagian tengah dari lapangan itu terdapat tugu peringatan kemenangan perang di Waterloo dengan patung singa di atasnya. Namun, di masa pendudukan Jepang, tugu tersebut sempat dirobohkan.

Kemudian, di masa kemerdekaan, Presiden Soekarno berinisiasi untuk membangun Monumen Pembebasan Irian Barat untuk mengenang pejuang Trikora dan masyarakat Irian Barat yang memilih menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Soekarno juga mengusulkan untuk merubah nama lapangan tersebut dengan nama Lapangan Banteng, yang dianggap lebih mewakili karakter masyarakat Indonesia.

Demikian, serangkaian informasi Jadwal air mancur Lapangan Banteng dan rentetan informasi lainnya. Semoga bermanfaat!

(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT