ADVERTISEMENT

Cara ke Perpusnas Naik Busway dan KRL, Cek Infonya di Sini

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 14:35 WIB
Cara ke Perpusnas naik busway jadi informasi yang banyak dicari masyarakat. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) adalah perpustakaan buku terbesar di Indonesia.
Cara ke Perpusnas Naik Busway dan KRL, Cek Infonya di Sini (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Cara ke Perpusnas naik busway jadi salah satu informasi yang banyak dicari masyarakat. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) adalah perpustakaan terbesar di Indonesia yang mempunyai beragam koleksi buku.

Lantas, bagaimana cara ke Perpusnas dengan menggunakan busway (TransJakarta)? Simak infonya lengkapnya di sini.

Bagaimana Cara ke Perpusnas Naik Busway? Begini Rutenya

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Biasanya masyarakat datang ke Perpusnas untuk mencari buku referensi kuliah, skripsi, atau hanya ingin menikmati waktu libur dengan membaca buku di sana.

Untuk berkunjung ke Perpusnas, pengunjung dapat turun di halte terdekat lokasi, yaitu Halte Balai Kota. Berikut rute yang dilewati untuk menuju ke Halte Balai Kota.

  1. Jakarta Selatan dan sekitarnya
    - Kamu bisa naik bus dengan tujuan halte Bank Indonesia. Dari halte Bank Indonesia, kamu perlu berjalan kurang lebih 2 km menuju Perpusnas.
    - Kamu juga bisa naik busway nomor 1R dengan tujuan Senen-Stasiun Tanah Abang. Kemudian, turun di Halte Balai Kota.
    - Selanjutnya, kamu bisa naik busway nomor 1R dengan rute Terminal Senen-Bundaran Senayan. Setelah itu, turun di Halte Balai Kota.
    - Kamu dapat naik busway nomor 1M dengan rute Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini
    - Selain itu, bisa juga naik busway dari Stasiun Gondangdia ke Balai Kota dengan nomor Busway/TransJakarta 2Q. Turun di halte Balai Kota 1.
  2. Jakarta Timur
    - Bagi kamu yang datang dari Jakarta Timur, bisa naik Transjakarta/busway nomor 1U dengan tujuan TMII-Balai Kota.
  3. Jakarta Utara
    - Untuk yang datang dari Jakarta Utara, kamu dapat naik Transjakarta koridor 9 dan turun di halte Semanggi. Kemudian, dilanjutkan dengan naik Transjakarta/busway koridor 1 Blok M-Kota lalu turun di halte Bank Indonesia.
Cara ke Perpusnas naik busway jadi informasi yang banyak dicari masyarakat. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) adalah perpustakaan buku terbesar di Indonesia.Cara ke Perpusnas Naik Busway dan KRL, Cek Infonya di Sini (Foto: Rifkianto Nugroho)

Cara ke Perpusnas Naik KRL

Selain menggunakan busway (TransJakarta), kamu juga bisa mengujungi Perpusnas menggunakan Kereta Listrik Commuter Line (KRL). Begini caranya:

  • Bagi kamu yang datang dari Bekasi, harus transit di Stasiun Manggarai. Lalu, naik KRL tujuan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia.
  • Bagi kamu yang datang dari Bogor dan Depok, bisa langsung naik kereta tujuan akhir Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia.
  • Bagi kamu yang datang dari Tangerang, maka harus transit di Stasiun Duri lalu naik kereta tujuan Stasiun Manggarai. Setelah dari Stasiun Manggarai, kamu naik kereta tujuan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia.
  • Dari Stasiun Gondangdia, kamu bisa berjalan kaki sejauh 1 kilometer atau naik transportasi online.
  • Kamu juga bisa turun di Stasiun Juanda yang terletak setelah Stasiun Gondangdia. Dari Stasiun ini, kamu bisa lanjut ke Halte Juanda dan naik bus koridor 2 tujuan Harmoni.
  • Dari Halte Harmoni kamu bisa naik bus 1A (PIK-Balai Kota), 2 (Harmoni-Pulo Gadung), 2A (Rawa Buaya-Pulogadung) ke arah sebaliknya dan turun di Halte Balai Kota.

Demikian ulasan cara ke Perpusnas naik busway dan KRL. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT