ADVERTISEMENT

Apakah Monas Sudah Buka? Cek Info Lengkapnya di Sini

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 18:08 WIB
Apakah Monas sudah buka? Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa Monas akan segera dibuka kembali mulai pekan ini. Monas sempat tutup karena pandemi COVID-19.
Apakah Monas Sudah Buka? Cek Info Lengkapnya di Sini (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Apakah Monas sudah buka? Monumen Nasional (Monas) dibuka kembali mulai pekan ini. Selama 2 tahun lamanya, Monas ditutup karena pandemi COVID-19.

Monas adalah salah satu tempat wisata terkenal di Ibu Kota Jakarta. Berikut informasi selengkapnya soal Monas kembali beroperasi.

Apakah Monas Sudah Dibuka? Ini Kata Pemprov DKI Jakarta

Wisata Monas sempat ditutup akibat pandemi COVID-19. Kini, Monas buka kembali.

"Monas segera akan kita buka dalam waktu dekat ini. Ya, dibuka dalam minggu ini," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (15/6/2022).

Riza memastikan ikon Jakarta itu bisa segera disambangi warga dalam waktu dekat setelah direvitalisasi.

"(Monas) Terus direvitalisasi ya," lanjutnya.

Apakah Monas sudah buka? Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa Monas akan segera dibuka kembali mulai pekan ini. Monas sempat tutup karena pandemi COVID-19.Apakah Monas sudah buka? Ini infonya (Foto: Getty Images/iStockphoto/dennisvdw)

Akses Kunjungan ke Monas Masih Terbatas

Unit Pengelola Kawasan Monas menyatakan bahwa pihaknya telah memberikan izin bagi pengunjung yang ingin mengakses kawasan tersebut. Namun, akses kunjungan ke kawasan Monas masih terbatas dan perlu ada uji coba.

"Boleh. Iya, tapi memang masih dibatasi waktu. Cuman kita hari ini masih trial and error," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas, Muhammad Isa Sarnuri, Kamis (16/6/2022).

Adapun, kawasan yang mendapatkan izin untuk dikunjungi akan dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, pengunjung belum dapat mengakses sampai ke dalam Tugu Monas.

"Sementara ini yang dibuka baru kawasan, itu juga masih dibatasi. Di luar Tugu Monas." lanjutnya.

Apakah Monas Sudah Buka? Cek Jam Operasionalnya

Pertanyaan apakah Monas sudah buka telah terjawab. Jam operasional Monas dibuka mulai pukul 06.00 - 16.00 WIB. Pengunjung dapat mengakses kawasan Monas melalui pintu Lenggang Jakarta di dekat IRTI Monas.

"Hanya pintu Lenggang yang dibuka. Nanti ada 2 pintu, pintu masuk sama keluar," kata Isa.

Selain itu, pengelola Monas juga menyiapkan pengaturan protokol kesehatan COVID-19 saat mendatangi kawasan tersebut, seperti booth vaksinasi COVID-19 di dekat pintu masuk. Pengunjung juga diwajibkan untuk scan PeduliLindungi.

"Kita sudah siapkan dari prokes kemudian dari setiap orang masuk pakai PeduliLindungi kemudian pengukur suhu, yang masuk seharusnya tim vaksin lalu kerja sama juga dengan Dinkes dibuatkan booth vaksin. Jadi buat yang belum vaksin sudah disediakan sama Dinkes masyarakat vaksin di pintu masuk," jelas Isa.

Sejarah Singkat Tentang Monas

Berdasarkan informasi dari Badan Sertifikasi Kadin DKI Jakarta, tujuan pembangunan Monas adalah untuk mengenang dan mengabadikan perjuangan Bangsa Indonesia yang dikenal dengan Revolusi 17 Agustus 1945. Monas juga sebagai sarana untuk meningkatkan semangat patriotisme generasi mendatang.

Monumen Nasional ini dibangun sejak Agustus 1959 dan diresmikan pada 17 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno. Kemudian, Monas dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Proses pembangunan Monas sendiri dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap pertama (1961-1965), kedua (1966-1968), dan tahap ketiga (1969-1976).

Lokasi Monas dan Cara Menuju ke Monumen Nasional

Lokasi Monumen Nasional (Monas) beralamat di Jalan Silang Monas, Gambir Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Bagi pengunjung yang menanyakan yang akan berkunjungan ke kawasan tersebut, berikut informasi cara menuju ke Monas:

  1. Bagi pengguna transportasi umum bus, halte bus terdekat dengan Monas adalah Stasiun Gambir, Gambir 1, RRI, Kementerian Perhubungan, Monas, Monas 1, Museum Nasional, IRTI, dengan jalur bis terdekat adalah 1A dan 2.
  2. Bagi pengguna transportasi umum kereta api, pemberhentian KRL terdekat dengan Monas adalah Stasiun Gondangdia.

Jadi, apakah monas sudah buka? Monas akan segera dibuka dalam waktu dekat, namun dengan pengunjung yang terbatas.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT