ADVERTISEMENT

Dibuka Lagi, Monas Ramai Dikunjungi Warga di Akhir Pekan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 12:38 WIB
Kawasan Monas ramai dikunjungi warga
Kawasan Monas ramai dikunjungi warga. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Monumen Nasional (Monas) ramai didatangi pengunjung di akhir pekan ini. Begini suasananya.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (19/6/2022), para pengunjung mulai terlihat sejak di kawasan Lenggang Jakarta. Terpantau sejak pukul 10.35 WIB pengunjung sudah memadati kawasan Monas.

Pengunjung yang datang hari ini terdiri atas anak-anak-anak, muda-mudi, hingga dewasa. Selain pejalan kaki, ada pengunjung yang datang sambil gowes sepeda.

Tampak kios suvenir hingga kios makanan di Lenggang Jakarta diserbu pengunjung. Mayoritas pengunjung datang bersama keluarga besar.

Pengelola membuka pintu masuk ke Monas tak jauh dari kawasan Lenggang Jakarta. Pengunjung yang datang wajib melakukan scan barcode PeduliLindungi serta mengecek suhu tubuh sebelum masuk ke Monas.

Pengunjung tampak berswafoto berlatar belakang tugu Monas. Ada pula pengunjung yang berolahraga hingga piknik di sekitar taman Monas.

Salah satu warga Jakarta Barat, Nurmaini (39) datang ke Monas membawa keluarga besarnya hari ini. Dia mengaku terkesan melihat Monas sudah mengalami banyak perubahan.

"Iya, pengin ajak anak liburan, kan selalu kerja Senin sampai Sabtu, lebih bersih, bagus," kata Nurmaini saat ditemui di lokasi.

Pengunjung lainnya bernama Eva (31) mengaku penasaran dengan wajah baru kawasan Monas setelah direvitalisasi. Meski begitu, dia sedikit kecewa lantaran Tugu Monas belum dibuka untuk umum.

"Bisa dibilang pengin tahu karena sekian lama ditutup karena COVID, pengin lihat lagi bagaimana bentukan barunya. Seumur-umur ada yang lagi di rombak," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Monas mulai di buka untuk umum. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap Monas bisa menjadi alternatif Tebet Eco Park yang saat ini ditutup.

"Monas dibuka ke depan mudah-mudahan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga, apalagi Eco Park Tebet kan ditutup untuk sementara," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jumat (17/6).

"Teman-teman yang sekarang di Eco Park bisa pindah ke Monas sementara, artinya ada tempat juga," sambungnya.

Untuk diketahui, Tebet Eco Park memang ditutup sementara hingga akhir Juni mendatang imbas membeludaknya pengunjung serta maraknya parkir liar. Meski menjadi alternatif, Riza menuturkan pembukaan Monas seiring dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di Jakarta.

"Memang sudah pelonggaran sudah PPKM (level) 1, perbaikan sudah dilakukan di Monas sekalipun belum selesai semua," ujarnya.

(taa/whn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT