ADVERTISEMENT

Membandingkan Elektabilitas 3 Bacapres NasDem: Ganjar-Anies-Andika

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 10:42 WIB
Nasdem
Ganjar Pranowo, Andika Perkasa, Anies Baswedan (Raka/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem telah mengumumkan tiga nama bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Bagaimana elektabilitas ketiganya?

Dirangkum detikcom, Minggu (19/6/2022), dari sejumlah survei terakhir, nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan kerap bertengger di posisi teratas. Sedangkan nama Andika Perkasa jarang muncul di survei.

Berikut ini hasil survei terbaru dari 3 lembaga survei:

1. LSI Denny JA

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bersaing dalam survei ini. Ganjar menempati posisi kedua. Sedangkan Anies berada di urutan ketiga. Sementara posisi pertama dikuasai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang namanya tak masuk usulan DPW-DPW NasDem.

Survei LSI Denny JA menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Teknik pengumpulan data dalam survei ini adalah wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen, waktu riset dilengkapi riset kualitatif pada 24 Mei hingga 7 Juni 2022.

Berikut ini hasil survei LSI Denny JA:

1. Prabowo Subianto 28,9%
2. Ganjar Pranowo 23,5%
3. Anies Baswedan 14,6%
4. Agus Harimurti Yudhoyono 6,1%
5. Sandiaga Uno 5,3%
6. Airlangga Hartarto 4,5%
7. Puan Maharani 2%
8. Tri Rismaharini 1,6%
9. Erick Thohir 1,5%
10. Moeldoko 0,1%
Tidak tahu/tidak jawab 11,9%

2. Charta Politika

Sama seperti survei LSI Denny JA, tiga nama yang menguasai posisi teratas adalah Ganjar, Prabowo, dan Anies. Sementara nama Andika Perkasa lagi-lagi tak ada dalam survei.

Survei Charta Politika ini dilakukan pada 23 Mei-2 Juni 2022 dengan metode wawancara tatap muka. Penentuan sampel pada survei dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83% dan quality control 20% dari total sampel. Survei dilakukan seusai Rapat Kerja Nasional V Pro Jokowi (Projo) yang diselenggarakan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Presiden Jokowi dan Ganjar diketahui hadir dalam acara yang digelar pada Sabtu (21/5) lalu itu.

Dalam simulasi 3 nama, Ganjar meraih elektabilitas tertinggi dengan 36,5%. Kemudian diikuti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 26,7% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 24,9%. Sedangkan yang tidak menjawab dan tidak tahu sebesar 11,9%.

Dalam hasil survei Charta sebelumnya, pada April 2022, Ganjar mendapatkan elektabilitas sebesar 29,2%. Sedangkan sekarang mencapai 36,5%. Survei ini menunjukkan elektabilitas Ganjar semakin melesat. Sejumlah lembaga survei juga merilis elektabilitas Ganjar sebagai yang tertinggi dan elektabilitasnya terus naik.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Masuk Radar NasDem untuk Pilpres 2024, Ganjar: Saya PDI Perjuangan!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT