ADVERTISEMENT

Anies-Andika-Ganjar Bakal Capres NasDem, Siapa Pilihan Surya Paloh?

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 08:42 WIB
Nasdem
Tiga nama bakal capres NasDem (Raka/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem telah mengumumkan tiga nama bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Tiga nama ini akan dikerucutkan menjadi satu. Lalu siapa yang menjadi pilihan Ketum NasDem Surya Paloh?

Tiga nama bakal calon itu adalah Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo. Ketiga nama itu didapatkan hasil dari Rakernas NasDem.

"Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal capres, pertama, Anies Rasyid Baswedan; kedua, Muhammad Andika Perkasa; ketiga, Ganjar Pranowo," ujar Surya Paloh di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

NasDem tidak akan mengusung ketiga nama itu sebagai capres. Nantinya ketiga nama tersebut bakal dikerucutkan menjadi satu nama bakal capres pilihan NasDem.

"Insyaallah kita akan tetapkan satu (bakal capres)," kata Paloh.

Paloh mengatakan kursi presiden hanya ada satu. Untuk itulah nama bakal capres harus dikerucutkan. Mengenai kapan waktu penetapan satu nama bakal capres, Paloh hanya menyebut saat hari baik.

"Dari tiga nama tadi, kursi presiden hanya ada satu. Seandainya kursi presiden ada dua, Ketua Umum tidak perlu memikirkan apa-apa lagi, undang-undang juga memilih. Waktu dan tempatnya kita cari hari baik, bulan baik," ujarnya.

Paloh pun mengungkapkan alasan pengumuman nama tiga bakal capres itu lebih awal. Paloh mengatakan NasDem tahu diri.

"Kalau ada yang bertanya kenapa malam hari ini NasDem sudah mempersiapkan calon presiden yang akan diusungnya pada 2024? Jawabannya sederhana. Karena kita tahu diri," ujar Paloh.

Paloh mengatakan saat ini NasDem masih memiliki banyak kelemahan. Namun Paloh menegaskan partainya tetap berikhtiar dan berjuang.

"Kita tidak bisa bekerja dalam speed yang sama. Kita tidak bisa bekerja seperti itu. Kita tahu kita masih punya banyak kelemahan. Kita tahu kita masih kurang persyaratan, tetapi kita berikhtiar," ujar Paloh.

"Kita mohon kepada Sang Maha Pencipta. Diniatkan dengan niat baik. Ketulusan hati, kejujuran hati. Ini modal kita dan kalau ada yang mau bermain-main dengan NasDem, itu bukan urusan NasDem lagi," sambungnya.

Paloh menuturkan dirinya akan berikhtiar menentukan satu dari tiga bakal capres yang direkomendasikan. Dia mengatakan siapa pun yang dipilih merupakan tanggung jawabnya.

"Inilah kita. Maka siapa pun yang kita putuskan nanti dari rekomendasi dari Saudara-saudara berikan itu, kewajiban saya sebagai Ketua Umum. Saya harus berikhtiar sepenuh hati," ucap Paloh.

Simak alasan NasDem memilih tiga nama tersebut pada halaman berikut.

Saksikan Video '3 Bakal Capres NasDem: Anies, Andika Perkasa, Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT