ADVERTISEMENT

PKL di Area CFD Kawasan FX Sudirman Tertata, Pakai Tenda Merah

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 09:56 WIB
PKL di area CFD Kawasan FX Sudirman (Karin Nur Secha/detikcom)
Foto: PKL di area CFD Kawasan FX Sudirman (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memperbolehkan pedagang kaki lima (PKL) berjualan di dalam kawasan car free day (CFD) pekan ini. Salah satu lokasi CFD di kawasan FX Sudirman, tepatnya di Jl Jenderal Sudirman terlihat sejumlah stan PKL.

Pantauan detikcom pukul 09.20 WIB di lokasi, terlihat PKL di lokasi kawasan ini tertata rapi. Setiap pedagang diberi fasilitas tenda berwarna merah.

Selain itu, di atas tenda juga diberi kertas bertuliskan nama dagangan mereka masing-masing. Di lokasi ini juga disediakan meja dan bangku khusus pengunjung.

PKL di area CFD Kawasan FX Sudirman (Karin Nur Secha/detikcom)Foto: PKL di area CFD Kawasan FX Sudirman (Karin Nur Secha/detikcom)

Namun, jika mereka tidak kebagian tempat duduk, pengunjung duduk di area trotoar. Ramai pedagang makanan dan minuman. Namun, sebagian ada juga yang berjualan pakaian.

Area PKL ini tidak hanya di atas trotoar melainkan ada juga di sebelah FX Sudirman, tepatnya di Jl Pintu Satu Senayan. Kebanyakan dari mereka akan berjualan hingga pukul 16.00 WIB.

PKL di area CFD Kawasan FX Sudirman (Karin Nur Secha/detikcom)Foto: PKL di area CFD Kawasan FX Sudirman (Karin Nur Secha/detikcom)

Sementara itu, sejumlah warga terlihat masih berolahraga di lokasi ini. Ada yang bersepeda, berjalan santai, bermain sepatu roda dan skateboard. Mereka terdiri dari anak kecil, remaja hingga dewasa.

Pemprov DKI Izinkan PKL Berjualan

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memperbolehkan pedagang kaki lima (PKL) berjualan di dalam kawasan car free day (CFD) pekan ini. Namun mereka hanya dibolehkan berjualan di sekitar trotoar saja.

"Nah, sekarang diatur, berjualan boleh, tapi hanya di trotoar dan yang di jalan raya hanya untuk yang olahraga dan bersepeda," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2022).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sempat melarang PKL berjualan di dalam maupun di sisi trotoar kawasan ini. Ini dikarenakan pedagang tersebut menimbulkan kemacetan di jalan raya.

"Dari dulu memang diizinkan, sebelumnya memang yang berdagang itu bisa berdagang di jalan sehingga macet karena mereka berjualan di jalan raya," ucap Anies.

"Dan yang di jalan raya hanya untuk yang olahraga dan bersepeda," lanjutnya.

(ain/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT