ADVERTISEMENT

Survei SMRC: 41 Persen Pemilih NasDem Akan Pilih Ganjar Capres 2024

Dea Duta Aulia - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 09:18 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan pidato saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Rakernas Partai NasDem menetapkan tiga nama bakal calon presidennya yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani melalui surveinya mengungkap mayoritas pemilih Partai NasDem mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI. Hal tersebut diungkapkan olehnya beradasarkan suver dari SMRC yang dilakukan pada Mei 2022.

"Pemilih NasDem di 2019 yang akan memilih Ganjar kalau kita melakukan pemilihan umum pada 2022 bulan Mei yang lalu itu ada 41 persen pemilih NasDem yang akan memilih Ganjar Pranowo," kata dalam keterangan, Sabtu (18/2022).

Menurutnya, angka tersebut didapatkan sesuai dengan opini yang dibangun oleh elite Partai NasDem soal dukungan ke Ganjar.

"Cukup konsisten opini yang dibangun elite NasDem. Mungkin elite NasDem juga menyerap, nggak tahu gimana caranya, mungkin mereka juga melihat survei opini publik," katanya.

Meskipun pada Rakernas NasDem, Jumat (17/6/2022) lalu mengumumkan tiga nama calon presiden, Saiful meyakini partai tersebut masih terbuka dengan bakal Capres yang akan diusungnya. Terlebih Ketum NasDem Surya Paloh memilih tidak mencalonkan diri.

"Saya kira NasDem cukup terbuka dengan berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat. Dan saya kira karena tokoh utama NasDem tidak mencalonkan diri," tutupnya.

Lihat Video: Gerindra-PKB Siap Kerja Sama Pemilu 2024

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT