Tragedi Bocah Tewas Ditabrak Jazz gegara Sopir Main Ponsel

ADVERTISEMENT

Tragedi Bocah Tewas Ditabrak Jazz gegara Sopir Main Ponsel

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 20:44 WIB
Close-up of a hand holding a mobile phone. Pieces of glass on the street
Ilustrasi kecelakaan (Foto: iStock)
Jakarta -

Nasib nahas menimpa anak perempuan berusia 5 tahun di Jakarta Selatan. Bocah tersebut tewas akibat ditabrak oleh pengendara mobil Honda Jazz.

Peristiwa tragis itu terjadi pada Selasa (14/6) sekitar pukul 19.30 WIB di Jalan Pancoran Timur, Jakarta Selatan. Korban saat itu tengah berboncengan dengan ayahnya.

Pengendara mobil Honda Jazz inisial IAR (35) menabrak motor yang ditumpangi korban dari belakang. Korban lalu terlindas mobil tersebut.

Polisi kemudian segera menangkap IAR. Pengemudi tersebut ditetapkan sebagai tersangka atas kecelakaan maut tersebut.

Sopir Jazz Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap IAR (35), pengemudi mobil Honda Jazz yang menabrak bocah perempuan AAR (5) hingga tewas di Pancoran Timur, Jaksel. Kini IAR telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Sigit Prabowo saat dimintai konfirmasi, Jumat (17/6).

Sigit mengatakan kini tersangka telah ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan. IAR dijerat Pasal 310 ayat 3 dan 4 UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 310 ayat (3) berbunyi:

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah)."

Pasal 310 ayat (4) berbunyi:

"Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah)."

Sopir Ditahan, Terancam 6 Tahun Penjara

Polisi telah menetapkan sopir mobil Honda Jazz inisial IAR (35) yang menabrak bocah perempuan inisial AAR (5) hingga tewas di Jakarta Selatan sebagai tersangka. Pengemudi tersebut kini telah dilakukan penahanan oleh pihak kepolisian.

"Ditahan, sudah dilakukan penahanan. Jadi, setelah ditetapkan sebagai tersangka, dilakukan pemeriksaan, tersangka langsung kita lakukan penahanan," kata Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Sigit saat dihubungi, Sabtu (18/6/2022).

Kecelakaan maut itu terjadi pada Selasa (14/6) sekitar pukul 19.30 WIB. Sigit mengatakan pengemudi IAR dijerat dengan Pasal 310 ayat 3 dan 4 UU RI Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kalau dari pasalnya ancamannya 6 tahun penjara," tutur Sigit.

Kecelakaan berawal saat pelaku main handphone ketika mengemudi. Simak di halaman berikutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT