ADVERTISEMENT

Dorong Pencapresan Anies, Deklarator Klaim Dukungan Relawan 87 Ribu Desa

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 17:45 WIB
Deklarasi dukungan digelar oleh BNKAB dan BKNDI di Cut Nyak Dhien Ballrom. (Fakrhi Fadlurrohman/detikcom)
Deklarasi dukungan digelar oleh BNKAB dan BKNDI di Cut Nyak Dhien Ballroom. (Fakrhi Fadlurrohman/detikcom)
Jakarta -

Deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan sebagai capres 2024 digelar di Depok. Kelompok pendukung mengklaim dukungan ini berasal dari 87 ribu desa.

Deklarasi dukungan digelar oleh Barisan Nasional Koalisi Anies Bersatu (BNKAB) dan Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (BKNDI) di Cut Nyak Dhien Ballrom, Cibubur Kawasan Buperta, Cimanggis, Depok, dekat Jakarta Timur, Sabtu (18/6/2022).

Pantauan detikcom pada pukul 13.30 WIB acara dimulai dengan pembukaan oleh pemandu acara. Acara diwarnai dengan hiburan bernyanyi oleh para pengisi acara.

Para relawan yang hadir pun tak lupa menggunakan baju bertuliskan 'Relawan BKNDI #2024 Anies Presiden, Untuk Anies Baswedan Presiden RI 2024'. Baju yang digunakan berwarna hitam berbalut merah.

Pukul 14.30 WIB acara inti dimulai. Para penggagas Deklarasi Anies For Presiden RI 2024 bergantian memberikan sambutan. Dalam sambutan tersebut disinggung nama Zamran perwakilan dari tim Anies dan Yusuf Yambe Yabdi, mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua.

Deklarasi dukungan digelar oleh BNKAB dan BKNDI di Cut Nyak Dhien Ballrom. (Fakrhi Fadlurrohman/detikcom)Deklarasi dukungan digelar oleh BNKAB dan BKNDI di Cut Nyak Dhien Ballroom. (Fakrhi Fadlurrohman/detikcom)

Pukul 15.30 WIB, deklarasi dukungan kepada Gubernur Jakarta itu sebagai Presiden Indonesia 2024 dimulai. Ketua BNKAB Fifi Hanafiah mengatakan sumber relawan mereka tersebar dari 87 ribu desa di Indonesia. Mereka ingin mengantarkan Anies untuk menjadi Presiden Indonesia 2024.

"Barisan Anies ini merupakan satu kekuatan di mana kita sebagai relawan ingin mengantarkan Pak Anies menuju pencalonan atau menuju Presiden 2024-2029. Relawan BKNDI dari Sabang sampai Merauke dan berjumlah 87 ribu desa di Indonesia itu adalah sumber relawan kita yang tergabung dalam BKNDI, dan tentu BKNDI menjadi relawan yang Badan Koalisi Anies Bersatu," tutur Fifi kepada wartawan pada Sabtu (18/6/2022).

Sementara itu, Sekjen BNKAB Tasiru mengatakan badan relawan Anies tersebut merupakan poros sayap dari BKNDI.

"BKNDI membuat poros sayap BNKB dan BNKAB ini adalah wadah dari semua relawan Anies yang ada di bawah, jadi artinya adalah BNKAB sebagai satu-satunya yang menampung baik dari seluruh elemen masyarakat tidak memandang berbeda suku atau agama," ungkap Tasiru.

Deklarasi dukungan digelar oleh BNKAB dan BKNDI di Cut Nyak Dhien Ballrom. (Fakrhi Fadlurrohman/detikcom)Deklarasi dukungan digelar oleh BNKAB dan BKNDI di Cut Nyak Dhien Ballroom. (Fakrhi Fadlurrohman/detikcom)

Ketua Umum BKNDI Isra A Sanaky mengatakan pihaknya mendeklarasikan Anies karena memiliki banyak prestasi. Selain itu, Isra menyinggung Anies sebagai pejabat yang miskin.

"Beliau pernah menjadi Menteri Pendidikan, Gubernur DKI tentunya banyak prestasi yang beliau miliki dan yang terpenting adalah beliau salah satu pejabat yang sederhana dan hasil audit lembaga keuangannya pemeriksa keuangan itu mengatakan beliau pejabat yang miskin hari ini, itu artinya beliau punya niat yang begitu bagus untuk memimpin negara ini," ujarnya.

"Semua figur tentunya baik, siapa dia itu baik. Tapi kita memilih yang terbaik," ucap Isra kepada wartawan pada Sabtu (18/6/2022).

Isra menjelaskan para anggota BKNDI tersebar di 87 ribu desa di Indonesia. Ia pun mengatakan para anggotanya tersebut akan menjadi relawan Anies jika dipilih oleh partai politik sebagai calon Presiden Indonesia.

"Nah, kita memastikan satu desa itu satu relawan bagi kami, maka sudah dipastikan jika Pak Anies diberi dukungan melalui partai politik kita sudah pastikan relawan BKNDI yang ada di setiap desa satu orang itu, adalah 87 ribu desa yang kita sumbang kan kepada relawan belum kepada masyarakatnya," tuturnya.

Simak juga '3 Bakal Capres NasDem: Anies, Andika Perkasa, Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT