ADVERTISEMENT

Tak Masalah Ganjar-Anies-Andika Bacapres NasDem, Puan Bicara Capres PDIP

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 14:36 WIB
Jakarta -

Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani tidak keberatan dengan hasil Rakernas Partai NasDem yang merekomendasikan tiga nama untuk jadi bakal calon presiden yang akan diusung NasDem. Puan menilai rekomendasi itu sah-sah saja meski salah satunya yang terpilih jadi rekomendasi kader PDIP, Ganjar Pranowo.

"Ya menurut saya jadi sah-sah saja. Mekanisme setiap partai politik berbeda-beda," kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani kepada wartawan di Sekolah PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Puan lalu bicara terkait nama yang akan maju dan menjadi capres maupun cawapres usungan PDIP. Menurutnya, keputusan itu murni menunggu amanah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Di PDIP sesuai dengan Kongres bahwa nanti yang aman menjadi capres adalah merupakan keputusan dari Ketum. Kita berpegang pada hal itu," tutur Puan.

Dia menyebut PDIP juga tidak terganggu oleh hasil bakal nama yang dikeluarkan oleh NasDem. Setiap partai, sambung Puan, punya kebijakan dan mekanisme yang berbeda.

"Ya nggaklah, itu kan internal. Semua partai punya kebijakan masing-masing dan mekanismenya. Jadi biasa saja. Jadi menurut saya sah-sah saja," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga nama bakal calon presiden (capres) diumumkan Partai NasDem saat kegiatan Rakernas NasDem di JJC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6). Nama yang direkomendasikan adalah Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Tiga nama tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum Surya Paloh. Tiga bakal capres 2024 itu muncul berdasarkan hasil usulan seluruh DPW NasDem yang dilanjutkan dalam musyawarah steering committee.

"Saya coba buka rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung oleh Partai NasDem di 2024 mendatang. Tiga nama ini adalah pilihan Saudara-saudara. Saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara tiga nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai Ketum DPP. Urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi itu berdasarkan urutan baca. Kualifikasinya sama, dan itulah komitmen saya kepada Saudara-saudara di rakernas ini" ujar Surya Paloh.

(maa/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT