ADVERTISEMENT

Bertemu Menlu India, Menlu RI Sampaikan Kecaman soal Penghinaan Nabi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 04:50 WIB
Menlu Retno (Dok Kemlu)
Foto: Menlu Retno (Dok Kemlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengikuti pertemuan para Menlu ASEAN-India di New Delhi, India. Secara khusus dalam pertemuan itu, Retno menyampaikan kepada Menlu India bahwa Indonesia mengecam pernyataan 2 politikus yang menghina Nabi Muhammad SAW.

"Di dalam pertemuan komisi bersama tadi saya menyampaikan beberapa hal, saya sampaikan secara khusus kepada Menlu India mengenai keprihatinan dan kecaman terhadap pernyataan 2 politisi partai BJP yang menghina Nabi Muhammad," kata Retno di Kanal YouTube Kemlu RI, seperti dilihat Sabtu (18/6/2022).

Menlu India, kata Retno, menyebut pernyataan soal Nabi Muhammad itu bukanlah merepresentasikan Partai Bharatiya Janata (BJP). Serta, bukan juga sebagai posisi dari Pemerintah India.

"Sebagai tanggapan Menteri Luar Negeri India menyatakan bahwa statement 2 politisi tersebut tidak mencerminkan sama sekali posisi partai BJP dan juga tidak mencerminkan sama sekali posisi Pemerintah India," jelasnya.

Selain itu, 2 politikus India itu telah diberhentikan dari jabatannya. Keduanya juga dinonaktifkan dari BJP.

"Menlu India menjelaskan bahwa 2 politisi tersebut telah diberhentikan dari jabatannya dan telah dinonaktifkan dari partai. Lebih lanjut Menteri Luar Negeri India menjelaskan secara lebih rinci statement yang dikeluarkan BJP antara lain, BJP menghormati semua agama, BJP menolak dengan keras penghinaan terhadap agama, dan BJP menentang dengan keras ideologi yang menghina atau merendahkan agama tertentu," tutur dia.

Baca berita lengkapnya pada halaman berikut.

Simak juga 'Massa FPI-PA 212 Tuntut Usir Dubes-Boikot Produk India':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT