ADVERTISEMENT

Analisis BMKG soal Viral Benda Aneh Terbang di Langit Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 17:43 WIB
Penampakan benda mirip piringan hitam di Malang
Penampakan benda mirip piringan hitam di Malang (Foto: Tangkapan layar)
Malang -

Video penampakan objek aneh di langit wilayah Malang viral di media sosial. Dalam video, tampak benda asing berbentuk pipih dan berwarna hitam. Benda mirip piringan hitam ini tak sengaja terekam kamera warga.

Dilansir dari detikJatim, video penampakan benda misterius berdurasi 2 menit 38 detik itu disebarkan akun TikTok @gbchannel87. Dalam unggahannya, dia awalnya menyebut video dibuat di Malang pada 12 Juni 2012. Namun, di kolom komentar, dia mengklarifikasi bahwa rekaman video dilakukan pada 12 Juni 2022.

detikJatim pun mencoba menanyakan hal ini kepada Penasihat Federasi Drone Indonesia (FDI) Arya Dega. Ia menyebut belum ada teknologi drone semacam itu di wilayah Malang.

"Analisis saya, drone ada banyak model baling-baling. Yang terbaru sedang dalam pengembangan itu drone menggunakan baling-baling, yang berputar tanpa baling-baling. Tapi itu pun yang di video terlalu cepat kalau adalah drone teknologi baling-baling terbaru. Terlalu cepat muncul. Apalagi di Kota Malang," ungkap Arya Dega.

"Jadi ada teknologi baling-baling tanpa bilah atau daun. Sudah ada prototipenya di Texas A&M University. Tapi kalau muncul di Malang, kayaknya nggak mungkin. Kesimpulannya ya unknown flying object (UFO)," Arya Dega melanjutkan.

Sedangkan prakirawan BMKG Juanda Ary Pulung mengatakan awan dalam video tersebut adalah awan cumulonimbus atau awan Cb. Awan Cb bisa menghasilkan cuaca buruk. Namun saat ditanya soal piringan hitam dalam video, ia mengaku kurang tahu.

"Kurang tahu, Pak, karena ada yang namanya aplikasi editing video. Sepintas dari video, kami prakirakan itu awan cumulonimbus. Jadi jelas awan cumulonimbus bisa menghasilkan cuaca buruk seperti di gambar tersebut, namun tidak semua awan cumulonimbus akan menghasilkan cuaca ekstrem," imbuhnya.

Baca selengkapnya di sini



Simak Video "Heboh Penampakan UFO, Militer AS Akan Sampaikan Laporan ke Kongres"
[Gambas:Video 20detik]
(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT