ADVERTISEMENT

Puan Resmikan Gedung Kapten Anumerta Surindro Supjarso di Madiun

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 17:45 WIB
Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jatim, Kamis (16/6/2022).
Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi, Madiun. (Rolando/detikcom)
Madiun -

Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Gedung Kapten Penerbang (KPT PNB) Anumerta Surindro Supjarso di Lanud Iswajuhdi, Madiun, Jawa Timur. Surindro Supjarso merupakan suami pertama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Peresmian Gedung Kapten Anumerta Surindro Supjarso digelar di Lanud Iswahjudi, Madiun, Kamis (16/6/2022). Megawati hadir secara virtual, sementara KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo serta pimpinan dan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP hadir secara fisik.

"Beliau merupakan salah satu sosok penerbang tempur yang tangguh dan berjiwa patriot yang mendedikasikan hidupnya untuk menjaga dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Puan.

"Kami berharap, dengan nama almarhum disematkan sebagai nama gedung ini, maka dapat menjadi pengingat bagi kita semua tentang tugas dan tanggung jawab dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia," imbuhnya.

Untuk diketahui, Surindro adalah pilot pesawat pembom TU 16KS yang hilang pada 22 Januari 1971 dalam tugas latihan di Biak, Papua. Namun, di masa Orde Baru, pesawat itu di-grounded karena berasal dari Uni Soviet sehingga para penerbangnya dialihkan. Termasuk Surindro ke pesawat caravan.

"Kemudian pada HUT AURI tahun 1955, Presiden Sukarno juga mengatakan: 'Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern'," ujarnya.

Anak sulung Megawati, yakni Mohammad Rizki Pratama bersama keluarga, anak kedua Muhammad Prananda Prabowo dan keluarga, serta keluarga Puan Maharani juga turut hadir di lokasi peresmian.

Simak juga video 'Puan: Tidak Ada Pembahasan Penundaan, Pemilu Harus Dilaksanakan!':

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT