ADVERTISEMENT

Anggota DPRD DKI Ngaku WA Diretas-Dijadikan Alat untuk Menipu

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 14:36 WIB
Wakil Sekretaris Fraksi Gerindara, Adi Kurnia Setiadi
Adi Kurnia (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Adi Kurnia Setiadi, mengaku aplikasi pesan WhatsApp (WA) miliknya diretas. WA miliknya digunakan untuk menipu dan meminta sejumlah uang.

Adi bercerita bahwa peretasan WA itu dilakukan Rabu (15/6/2022) kemarin malam. Awalnya, ada orang yang mengaku kasir minimarket dan meminta bantuannya untuk mengirimkan kode SMS yang disebut voucer game salah kirim.

"Karena saya kasihan dan takut dia akan dipecat karena rugi, maka saya berikan nomornya itu," kata Adi saat dihubungi wartawan, Kamis (16/6).

Setelah itu, Adi tidak bisa lagi masuk ke aplikasi WA miliknya. Tidak lama kemudian, ia mengetahui nomornya digunakan untuk melakukan penipuan.

"Perlu saya sampaikan kepada siapa saja mendapatkan pesan WhatsApp yang muncul nama saya, perlu saya klarifikasi bahwa itu bukan saya, tetapi saat itu akun WhatsApp saya dibajak atau di-hack orang tidak dikenal," katanya.

Menurutnya, pelaku menghubungi beberapa orang untuk meminjam uang. Pelaku menggunakan nama Adi Kurnia dan menggunakan foto profilnya pada WhatsApp tersebut.

"Pelaku berhubungan dengan orang lain atas nama saya karena akun WA lengkap dengan foto profil sudah mereka bajak dan dikuasai," kata Adi.

"Saya saat mengetahui akun saya dibajak, langsung saya telepon sejumlah orang untuk tidak percaya dengan pesan WhatsApp mengatasnamakan dirinya karena itu tidak benar dan murni penipuan," kata Adi.

Namun ada beberapa kawannya sesama anggota DPRD, pejabat Pemprov DKI Jakarta, dan karyawan Bank yang telanjur mengirimkan uang kepada pelaku pembajakan.

"Mereka sudah telanjur mentransfer uang dengan nominal Rp 2 juta-3 juta. Saya segera laporkan masalah ini ke Polda Metro Jaya," kata Adi.

Lihat juga video 'Kronologi Bos Salon Tipu Ratusan Klien Hingga Rp 7 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT