Sekda Dairi Jelaskan ke Kemendagri soal Dugaan Hina Puan, Ngaku Di-hack

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 12:22 WIB
Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: dok. DPR RI)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memanggil dan memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Dairi, Sumatera Utara, Budianta Pinem. Budianta dipanggil untuk dimintai klarifikasi perihal unggahannya di media sosial yang diduga menghina Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Benar saya dipanggil Kemendagri pada 12 Mei 2022. Di hadapan Inspektur Khusus bapak Teguh Narutomo dan tim saya sudah menjelaskan bahwa akun tersebut sudah diretas atau di-hack oleh orang tidak bertanggung jawab," kata Budianta dikutip dari detikSumut, Senin (16/5/2022).

Budianta mengatakan semua hal telah disampaikannya ke Kemendagri tanpa ada yang ditutup-tutupi. Termasuk dirinya yang melakukan klarifikasi ke DPC PDIP Dairi 10 Mei 2022.

Persoalan yang dihadapinya, katanya, adalah menyangkut pribadi dan tidak ada kaitan dengan jabatan. Kepada Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Budianta, mengatakan telah memberikan penjelasan perihal akun media sosialnya yang diretas.

"Sudah saya klarifikasi. Saya juga menyampaikan kasus ini atas nama pribadi bukan atas nama sekretaris daerah," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah unggahan yang menunjukkan Sekda Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Budianta Pinem, diduga menghina Ketua DPR Puan Maharani viral. PDIP pun akan membuat laporan ke polisi terkait hal itu.

Baca selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Bambang Pacul Nilai Puan Belum Tunjukkan Sinyal Nyapres':

[Gambas:Video 20detik]

(fca/imk)