Siasat 'Koboi' di Jaksel Serahkan Pistol Mainan ke Polisi biar Lolos Pidana

ADVERTISEMENT

Siasat 'Koboi' di Jaksel Serahkan Pistol Mainan ke Polisi biar Lolos Pidana

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 21:57 WIB
Polisi tangkap koboi di kafe Jaksel.
Polisi menangkap 'koboi' di kafe Jaksel. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Tersangka IR (23) menyerahkan diri ke polisi setelah aksi 'koboi' yang viral di kafe di Senopati, Jakarta Selatan. Saat menyerahkan diri ke polisi, IR sempat menyerahkan pistol mainan.

IR menyerahkan diri ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Selasa (14/6/2022) dengan membawa pistol mainan, setelah temannya AAR (22) ditangkap di Kemang, Jakarta Selatan. IR menyerahkan pistol mainan agar lolos pidana.

"Iya betul (bawa pistol mainan). Jadi dia datang bawa pistol mainan biar enggak terjerat undang-undang darurat. Dia datang itu alibinya 'Ini, Pak, pistol saya, ini yang saya todongkan kok yang waktu di TKP'," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit saat dihubungi, Rabu (15/6).

IR memberikan barang bukti yang tidak sesuai agar terhindar dari ancaman hukuman yang berat. Padahal benda yang ia todongkan saat itu adalah sebuah airsoft gun yang penggunaannya diatur oleh undang-undang.

"Iya dia enggak mau terjerat dengan pasal yang lebih berat, kan penyalahgunaan airsoft gun itu dikenai. Dia mau mengelabui anggota bahwa yang dia melakukan penodongan itu cuman pistol mainan. Pistol mainan itu (dianggap) bisa meringankan dia dalam tindakan dia itu," kata Ridwan.

Tetapi polisi tak begitu saja percaya. Polisi melakukan pengecekan CCTV di lokasi dan diketahui pistol yang dia gunakan dengan yang diserahkan ternyata berbeda.

"Penyidik langsung melakukan investigasi internal pengecekan lagi, penyidik langsung buktikan ini kamu bohongi kita. Akhirnya kita melakukan lidik lagi," kata Ridwan.


Simak di halaman selanjutnya: airsoft gun disita dalam mobil.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT