ADVERTISEMENT

Alasan Jaksa Belum Tahan Tersangka Korupsi Proyek Satelit Kemhan 2015

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 12:55 WIB
Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana. Penggeledahan Kejagung di salah satu tempat yang di geledah
Ketut Sumedana (Foto: dok. Kejagung)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) belum menahan tiga tersangka kasus korupsi proyek pengadaan satelit slot orbit 123 derajat Bujur Timur (BT) pada Kementerian Pertahanan tahun 2012-2021. Alasan tidak dilakukan penahanan itu adalah para tersangka masih kooperatif dengan penyidik.

"Untuk penahanan tadi belum, karena yang bersangkutan masih kooperatif dan suatu saat bisa saja, kalau misalnya dalam pemanggilan-pemanggilan berikutnya misalnya tidak kooperatif, itu bisa saja dilakukan (penahanan), bergantung pada kebutuhan penyidik," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam konferensi pers yang digelar di kantornya Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2022).

Direktur Penindakan Jampidmil Brigjen Edy Imran mengatakan para tersangka telah dicekal. Dia menyebut pihaknya tak khawatir jika tersangka akan melarikan diri.

"Para tersangka ini sangat kooperatif dan tidak ada kekhawatiran dari kami bahwa para tersangka ini akan melarikan diri. Kami sudah cekal juga AP dan lain sebagainya," kata Edy.

Edy mengatakan sejauh ini para tersangka masih bersikap kooperatif. Dia mengatakan penahanan akan dilakukan jika para tersangka mempersulit penyidikan atau tak kooperatif.

"Jadi untuk sementara kita tidak lakukan penahanan karena masih kooperatif. Tapi misalnya nanti pada saat berstatus sebagai tersangka mereka persulit, kita akan langsung ambil tindakan, langsung ditahan, seperti itu," ujarnya.

Kembali ke Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana, dia mengungkap hal senada dengan Edy. Ketut meyakini tersangka tidak akan dapat kabur.

"Dan sudah dicekal, nggak mungkin lari," katanya.

Baca berita selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak Video 'Eks Dirjen Kemenhan Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi Satelit':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT