ADVERTISEMENT

Polisi Pasang Kawat Berduri Jelang Demo Buruh di DPR Hari Ini

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 10:06 WIB
Polisi Pasang Kawat Berduri Jelang Demo Buruh di DPR Hari Ini
Polisi Pasang Kawat Berduri Jelang Demo Buruh di DPR Hari Ini (Foto: Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Partai Buruh bersama aliansi buruh akan menggelar demonstrasi di depan gedung DPR RI hari ini. Kawat berduri pun tampak sudah disiagakan di lokasi demo.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 09.20 WIB, Rabu (15/6/2022) terlihat kawat berduri sudah dipasang melintang di depan Gedung DPR RI.

Namun akses masuk menuju DPR RI belum ditutup. Masih terlihat beberapa kendaraan yang masuk ke dalam gedung DPR RI. Selain itu beberapa petugas mulai dari TNI, Polri hingga Satpol PP sudah terlihat di lokasi.

Situasi lalu lintas di lokasi demo masih terpantau ramai lancar. Belum terlihat adanya penutupan jalan di sana. Selain itu, cuaca di lokasi demo terpantau mendung.

Hingga saat ini belum terlihat adanya massa aksi di lokasi. Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal mengatakan rencananya massa aksi akan menggelar aksi unjuk rasa pukul 10.00 WIB.

"(aksi dilaksanakan) jam 10.00 WIB," kata Said saat dihubungi, Rabu (15/6/2022).

Said mengatakan, massa aksi membawa lima tuntutan dalam aksi demonstrasi hari ini. Mulai dari menolak revisi UU PPP hingga menolak masa kampanye pemilu 75 hari.

Berikut lima tuntutan demo buruh hari ini:

1. Tolak revisi UU PPP
2. Tolak omnibus law UU Cipta Kerja
3. Tolak masa kampanye pemilu hanya 75 hari, tapi harus 9 bulan sesuai Undang-Undang
4. Sahkan RUU PPRT
5. Tolak liberalisasi pertanian melalui WTO.


3.320 Personel Gabungan Amankan Demo

Sebelumnya, Partai Buruh akan menggelar aksi di depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat, hari ini. Ribuan personel gabungan dari TNI-Polri diturunkan untuk mengawal demo buruh hari ini.

"Sementara 3.320 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Rabu (15/6/2022).

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penutupan arus lalu lintas di depan gedung DPR RI bersifat situasional. Penutupan berlaku melihat dari eskalasi massa aksi.

"Situasional, melihat perkembangan jumlah massa," katanya saat dihubungi.

Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan aksi massa tersebut. Sesuai pemberitahuan, ada 2.000 orang yang akan turun dalam demo hari ini.

"Untuk surat pemberitahuan sudah diterima. Massa sekitar 2.000 orang," ujar Direktur Intelkam Polda Metro Jaya Kombes Hirbakh Wahyu Setiawan saat dihubungi wartawan, Selasa (15/6).

Sesuai dengan pemberitahuan, massa Partai Buruh akan menggelar aksi di depan gedung DPR/MPR RI, Rabu (15/6), pukul 10.00 WIB.

Simak juga '10 Ribu Buruh Akan Demo di Depan Gedung DPR 15 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT