Mulai Terkuak Jejak Lai Bui Min Penyuap Pepen di Kasus Ade Yasin

ADVERTISEMENT

Mulai Terkuak Jejak Lai Bui Min Penyuap Pepen di Kasus Ade Yasin

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 07:33 WIB
Gedung baru KPK
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Lai Bui Min alias Anen diperiksa KPK terkait perkara dugaan suap yang menjerat Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin. Dari pemeriksaan itu terungkap jejak Lai Bui Min di kasus suap lainnya.

Lai Bui Min ternyata sudah divonis lantaran terbukti memberikan suap ke Wali Kota Bekasi nonaktif Rahmat Effendi alias Pepen. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan Lai Bui Min di perkara Pepen merupakan orang yang sama yang diperiksa terkait Ade Yasin.

Dalam jadwal pemeriksaan, nama Lai Bui Min tertulis sebagai wiraswasta. Namun Ali belum merinci perihal materi pemeriksaan Lai Bui Min untuk perkara Ade Yasin.

Dalam perkara suap Pepen selaku Wali Kota Bekasi, Lai Bui Min disebut sebagai Direktur Kota Bintang Rayatri dan PT Hanaveri Sentosa. Dia ikut terjarat dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Rabu (5/1). Dalam OTT itu, KPK mengamankan uang toal Rp 5,7 miliar.

Singkatnya Lai Bui Min diadili di Pengadilan Tipikor Bandung. Dalam dakwaan Rahmat Effendi, Lai Bui Min disebutkan memberikan suap sebesar Rp 4,1 miliar sebagai fee lantaran Pemkot Bekasi membeli lahan Lai Bui Min.

Perkara Lai Bui Min diketahui sudah divonis. Lai Bui Min dihukum pidana penjara selama 2 tahun dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 4 bulan kurungan.

KPK menduga adanya aliran dana proyek milik terdakwa penyuap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi itu ke Bupati Bogor Ade Yasin.

"Lai Bui Min hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait proyek yang dikerjakan perusahaan saksi di Pemkab Bogor dan dikonfirmasi soal dugaan adanya aliran sejumlah uang untuk memperoleh proyek dimaksud," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Simak juga 'Jalan Pintas Bupati Bogor Pengin Opini WTP Berujung OTT':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT