ADVERTISEMENT

'Video Tol Becakayu Amblas' Hoax, Jembatan Pengganti Kelar Juli

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 13:46 WIB
Jakarta -

Pekerjaan pemasangan box girder kereta cepat Jakarta-Bandung nyaris menutup Jembatan Antilope, Bekasi. Ketinggian permukaan jalan Jembatan Antilope dengan beton box girder kereta cepat hanya berjarak sekitar 1,7 meter, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Kabid Bina Marga Kota Bekasi Idi Susanto menjelaskan seharusnya pengerjaan pemasangan box girder ini dilakukan setelah jembatan pengganti Jembatan Antilope selesai. Untuk diketahui, Jembatan Antilope ini nantinya bakal ditutup karena ketinggiannya tidak memungkinkan dilintasi kendaraan.

"Jadi begini, itu kan Jembatan Antilope ya itu kan kena pekerjaan KCIC. Nah, setelah pekerjaan KCIC memang tingginya clearance-nya tinggal 1,7 meter, jembatan itu nantinya nggak dipakai," ujar Idi saat dihubungi detikcom, Selasa (14/6/2022).

"Kan kita kemarin ke KCIC sebenarnya boleh kerja di situ setelah jembatan penggantinya jadi dulu. (Tetapi) jembatan penggantinya jadinya akhir Juli, awal Agustus bisa dipakai jembatan pengganti," sambungnya.

Akan tetapi, mengingat kereta cepat ini adalah proyek nasional, sehingga Pemkot Bekasi mengizinkan pemasangan box girder meski jembatan pengganti belum selesai.

"Jadi awalnya kita dari Pemkot sama warga minta diselesaikan dulu jembatan pengganti, baru boleh kerja di situ. Tapi kan karena KCIC kan proyek nasional, strategis ya, jadi akhirnya diskusi, akhirnya kita mengizinkan," katanya.

Idi mengatakan Jembatan Antilope akan ditutup total pada Agustus 2022 nanti atau setelah jembatan pengganti selesai.

"Posisi kayak begitu umurnya sampai akhir bulan Juli saja karena sementara. Nanti setelah bulan Agustus itu diportal tutup habis atau dibongkar," imbuhnya.

Idi menambahkan sepeda motor dan mobil yang ketinggiannya kurang dari 1,7 meter masih bisa melintas dengan penjagaan ketat dari petugas KCIC dan Bina Marga Bekasi.

"Iya, nanti kan dibongkar itu, ini sementara. Daripada warga untuk pas pekerjaan sambil tunggu akhir Juli jembatan pengganti selesai, kan itu daripada nggak bisa dilewati warga jauh kan buangannya. Makannya sementara bisa dilewatin kendaraan tertentu motor sama mobil-mobil pendek dengan penjagaan ketat," jelasnya.

Idi memastikan petugas akan melakukan penjagaan di lokasi sampai akhir Juli nanti.

"Petugas 24 jam. Daripada muter jauh, yang bisa lewat tetap lewat. Sementara, 1,5 bulan, sampai akhir Juli gitu," tuturnya.

(mea/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT