ADVERTISEMENT

Kejengkelan Berulang Jokowi soal Produk Impor, Hingga Sebut 'Bodoh'

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 12:20 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi jengkel soal produk impor. Bahkan kata 'bodoh' terlontar dari mulut Jokowi saat meluapkan kekesalannya itu.

Dihimpun detikcom, Selasa (14/6/2022), kejengkelan Jokowi soal produk impor awalnya diungkapkan di momen pengarahan kepada para menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan BUMN tentang aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia yang digelar di Badung, Bali, pada Jumat, 25 Maret 2022. Jokowi juga sempat melarang tepuk tangan saat memberikan arahan.

Jokowi menyinggung susahnya belanja produk dalam negeri. Jokowi juga menyentil kementerian-kementerian dan di momen inilah dia menyinggung reshuffle.

"Kementerian, sama saja, tapi itu bagian saya itu. Reshuffle, udah, heeeh saya itu, kayak gini nggak bisa jalan," kata Jokowi.

"Sudah di depan mata, uangnya ada, uang uang kita sendiri, tinggal belanjakan produk dalam negeri saja sulit," imbuh Jokowi.

Jokowi juga membeberkan informasi terkait seragam tentara dan polisi yang masih impor. Dia meminta impor ini dihentikan.

"Coba CCTV beli impor. di dalam negeri ada yang bisa produksi. Apa-apaan ini, dipikir kita bukan negara yang maju, buat CCTV saja beli impor. Seragam dan sepatu tentara dan polisi beli dari luar. Kita ini produksi di mana-mana bisa. Jangan diterus-teruskan," imbuh Jokowi.

Simak halaman selanjutnya Jokowi terbitkan Inpres

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT