ADVERTISEMENT

Siapa Nama Besar yang Dispekulasikan Terguling dari Kabinet Jokowi?

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 08:12 WIB
Kawasan Monas
Ilustrasi (Rachman/detikcom)

Jokowi dinilai akan mengambil risiko ekstrem jika mencopot nama-nama besar itu sebagai menteri. Adi mengatakan Jokowi masih butuh dukungan politik hingga masa jabatannya berakhir.

"Cuma pertanyaannya adalah apa betul presiden akan mengambil risiko yang cukup ekstrem di tengah kebutuhan dukungan politik sampai 2024. Karena apapun judulnya, dukungan politik sampai 2024 tetap dibutuhkan oleh presiden, di tengah presiden belakangan ini diseret-seret terkait dukungan politik di Pilpres," jelasya.

Selama ini, kata Adi, seringkali bergulir isu reshuffle kabinet. Namun perombakan kabinet Jokowi itu tak juga terjadi.

"Ya kan dari dulu tentang reshuffle juga dari istana, tentang nama-nama orang yang beredar juga dari Istana, tentang PAN dapat 1 menteri 1 wakil menteri juga dari Istana, itu sejak setahun yang lalu sampai sekarang nggak pernah terbukti," kata dia.

Spekulasi Nama Besar Terguling dari Kabinet

Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo berbicara ada nama besar yang akan terguling dari kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia tidak menyebut siapa nama besar yang dimaksud. Namun, spekulasinya pemberhentian nama besar itu bakal berimbas pada situasi politik nasional.

"Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional," kata Dradjad kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

Dradjad menyebut selalu diberi tahu oleh sumber kunci di Istana terkait reshuffle. Namun kali ini dia mengaku belum diberi informasi tersebut.

"Jika akan terjadi sesuatu yang signifikan, saya biasanya diberi tahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal Pak Jokowi. Per hari ini sahabat tersebut belum memberi info terkait reshuffle," ujarnya.


(lir/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT