ADVERTISEMENT

Pesisir DKI Waspada Banjir Rob, NasDem Minta Pompa Mobile Disiagakan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 12 Jun 2022 05:05 WIB
Calon penumpang antre untuk menaiki kapal motor saat terjadinya banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Rabu (5/1/2022). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan masa Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) menyebabkan terjadinya peningkatan secara signifikan ketinggian pasang air laut mencapai maksimum. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan banjir rob di pesisir Jakarta selama 1 minggu ke depan. Wakil Ketua Komisi B DRPD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh meminta pompa air disiagakan di titik rawan banjir.

"Pertama kita harus standby-kan pompa mobile ya, tahun lalu kan kita sudah anggarkan juga, dan mungkin sudah diadakan juga terkait juga beberapa puluh pompa mobile di wilayah-wilayah yang mungkin rawan banjir," kata Nova kepada wartawan, Sabtu (11/6/2022).

Nova juga meminta agar sistem peringatan dini atau early warning system ditingkatkan. Sehingga, kata dia, warga bisa melakukan persiapan dini.

"Juga early warning system juga harus bekerja di antara misalnya mungkin tokoh-tokoh masyarakat yang tinggal di sana, kolaborasi mungkin dengan perangkat pemerintah setempat misalnya lurah, mungkin kecamatan, bagaimana antisipasi banjir ini bagaimana warga mendapatkan early warning system yang jelas," tuturnya.

Politikus NasDem itu kemudian menyinggung tanggul laut raksasa di pesisir Jakarta. Dia berharap pembangunan tanggul itu bisa segera tuntas.

"Kita kan juga sudah, mungkin dari bertahun-tahun terkait dengan tanggul raksasa, tanggul laut. Mereka menyatakan ke kami 2023 selesai, karena ini sudah berapa tahun, seingat saya ketika saya baru menjabat di 2019 itu udah dianggarkan, dulu kan dibagi beberapa fase, tapi kan kita mengalami pandemi kan, sehingga tidak ada alokasi dana untuk kegiatan tersebut, jadi mulai 2021 sampai dengan sekarang ini baru ada proses pengerjaan lagi, tapi diselesaikan insyaallah di tahun 2023, kemarin disampaikan seperti itu," tuturnya.

Pesisir Jakarta Waspada Rob

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini banjir rob pesisir DKI Jakarta pada 11-17 Juni 2022. Warga di wilayah pesisir Jakarta diminta waspada.

Hal ini disampaikan oleh BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitternya, @BPBDJakarta, pada Jumat (10/6). Kondisi ini disebabkan fase bulan purnama yang bersamaan dengan jarak terdekat bulan ke bumi (perigee).

"(Kondisi ini) Menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB)," kata @BPBDJakarta seperti dilihat Sabtu (11/6).

Lihat juga Video: Penampakan Rumah Warga di Puncak Bogor Diterjang Luapan Ciliwung

[Gambas:Video 20detik]




(lir/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT