ADVERTISEMENT

Cagar Budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga: Bergaya Arsitektur Abad 20

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 21:25 WIB
Jembatan Kereta Terowongan Tiga di Matraman, Jaktim, ditetapkan sebagai salah satu dari 14 cagar budaya Jakarta. Namun kondisinya tak terawat. (Anggi Muliawati/detikcom)
Foto: Jembatan Kereta Terowongan Tiga di Matraman, Jaktim, ditetapkan sebagai salah satu dari 14 cagar budaya Jakarta. Namun kondisinya tak terawat. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan 14 cagar budaya baru sepanjang 2020-2021. Ada Tugu Proklamasi hingga Jembatan Kereta Terowongan Tiga.

Penetapan cagar budaya itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya sebagai upaya pelestarian.

Jembatan Kereta Terowongan Tiga berada di Jalan Bunga I, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur. Di atas jembatan itu merupakan rel kereta dan di bawah berupa kali.

Dalam informasi yang dihimpun, disebutkan Jembatan Kereta Terowongan Tiga dibangun pada tahun 1971. Bergaya arsitektur abad ke 20.

Jembatan Kereta Terowongan Tiga termasuk ke dalam struktur Cagar Budaya. Penetapan dilakukan Gubernur DKI sesuai dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta momor 1498 tahun 2021 tentang penetapan Jembatan Kereta Terowongan Tiga sebagai Struktur Cagar Budaya.

Jembatan itu disebutkan memiliki panjang 6 meter dan lebar 7 meter. Jembatan tersebut berada di jalur pembangunan rel kereta api doubletrack Manggarai-Jatinegara oleh PT KAI.

Menurut informasi yang didapatkan, letak Jembatan Kereta Terowongan Tiga tidak jauh dari Cagar Budaya lainnya, yakni Stasiun Jatinegara. Sehingga termasuk ke dalam kawasan kolonial Meester Cornelis.

Meski sudah lama, ornamen-ornamen jembatan masih nampak. Namun, tertutup oleh sampah-sampah dan pepohonan liar.

(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT