ADVERTISEMENT

Menyusuri Jembatan Terowongan Tiga, Cagar Budaya Jakarta yang Terbengkalai

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 19:32 WIB
Jembatan Kereta Terowongan Tiga di Matraman, Jaktim, ditetapkan sebagai salah satu dari 14 cagar budaya Jakarta. Namun kondisinya tak terawat. (Anggi Muliawati/detikcom)
Foto: Jembatan Kereta Terowongan Tiga di Matraman, Jaktim, ditetapkan sebagai salah satu dari 14 cagar budaya Jakarta. Namun kondisinya tak terawat. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Jembatan Kereta Terowongan Tiga di Matraman, Jakarta Timur (Jaktim), ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya. Namun kondisi cagar budaya tersebut tidak terawat.

Jembatan Kereta Terowongan Tiga berada di Jalan Bunga I, Palmeriam, Matraman, Jaktim. detikcom menyusuri lokasi benda cagar budaya tersebut pada Sabtu (11/6/2022).

Jembatan Kereta Terowongan Tiga tampak dialiri air kali. Pada bagian atas terowongan, terdapat rel kereta.

Terowongan tersebut tampak kurang perawatan karena banyak sampah berserakan di sekitarnya.

Selain itu, di sekitar terowongan banyak tanaman dan pepohonan liar. Pohon-pohon itu disebutkan telah lama tidak ditebang.

Di atas terowongan dan di sepanjang bantaran kali terdapat warung-warung yang telah ada sejak kurang lebih 8 tahun. Di depan warung-warung itu adalah rel kereta api.

Di sisi kanan dari terowongan terdapat tanggul yang disebut-disebut dibangun pada 2019. Sedangkan di sisi kiri tanggul tersebut telah rusak.

detikcom mendatangi lokasi sekitar pukul 15.18 WIB, terlihat suasana sekitar yang sepi. Azan ashar dari masjid terdengar sampai di lokasi ini.

Jembatan Kereta Terowongan Tiga di Matraman, Jaktim, ditetapkan sebagai salah satu dari 14 cagar budaya Jakarta. Namun kondisinya tak terawat. (Anggi Muliawati/detikcom)Kondisi Jembatan Kereta Terowongan Tiga tampak tak terawat. (Anggi Muliawati/detikcom)

Untuk menuju lokasi ini, harus melewati gang sempit. Di sekitar lokasi, juga didapati permukiman yang cukup padat.

Seorang warga RT 03 RW 09 Kelurahan Palmeriam, Sukemi (62), mengatakan terowongan tersebut memang kurang perhatian dari pemerintah. Menurutnya pemerintah hanya sesekali mendatangi lokasi.

"Nggak ada, gitu-gitu aja, orang pemerintahan udah beberapa kali ke mari nanya-nanya, tapi gitu-gitu aja udah, nanya ini tahun berapa, istilah dibangunnya, udah gitu aja. 'Udah berapa tahun?', cuma nanya-nanya gitu aja, pembangunannya mah nggak ada," katanya di lokasi.

Struktur Cagar Budaya ini ditetapkan oleh Gubernur DKI sesuai dengan Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1498 Tahun 2021 tentang Penetapan Jembatan Kereta Terowongan Tiga sebagai Struktur Cagar Budaya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT