Rp 2 M Lebih Duit Operasi Khilafatul Muslimin Lampung Disita dalam Brankas

ADVERTISEMENT

Rp 2 M Lebih Duit Operasi Khilafatul Muslimin Lampung Disita dalam Brankas

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 20:18 WIB
Penampakan uang miliaran rupiah yang disita polisi di kantor pusat Khilafatul Muslimin (Foto. dok istimewa)
Penampakan uang miliaran rupiah yang disita polisi di kantor pusat Khilafatul Muslimin (Foto. dok. Istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyita sejumlah uang diduga dana operasi Khilafatul Muslimin di kantor pusatnya di Bandar Lampung, Lampung. Uang senilai Rp 2 miliar lebih ini disita polisi dalam sebuah brankas.

"(Uang yang disita) sekitar Rp 2,2 M lebih," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/6/2022).

Temuan barang bukti miliaran rupiah itu masih diselidiki pihak kepolisian. Namun uang itu diduga merupakan dana operasional ormas Khilafatul Muslimin.

"Kita melakukan penggeledahan terhadap operasionalisasi terhadap ormas ini dan kita menyita uang yang diduga uang operasional sekitar miliaran jumlahnya," jelas Hengki.

2 Tokoh Khilafatul Muslimin Ditangkap

Selain menyita uang, polisi menangkap dua orang tokoh Khilafatul Muslimin. Dua orang yang ditangkap itu disebut merupakan tokoh penting dari ormas tersebut.

"Intinya ini adalah dua toko penting di organisasi massa ini dan kita pemeriksaannya bersifat berkesinambungan. Nanti ada delik-delik baru, nanti akan kita sampaikan saat rilis di Jakarta," katanya.

Lebih lanjut Hengki mengungkapkan polisi menemukan temuan signifikan dari penggeledahan kantor pusat Khilafatul Muslimin hari ini. Temuan signifikan itu akan dikembangkan penyidik dengan sejumlah instansi terkait.

"Nanti rilis lengkap akan dijelaskan di Jakarta karena memang ada yang sangat signifikan yang polisi tidak bisa bekerja sendiri. Ada kementerian-kementerian lainnya," jelas Hengki.


Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT